Cerita Mereka yang Lebaran Lebih Dulu Hari Ini - detikNews
Cerita Mereka yang Lebaran Lebih Dulu Hari Ini - detikNews
Sejumlah kelompok masyarakat telah merayakan Idul Fitri 1443 H lebih dulu. Mereka menggelar salat Id meski pemerintah belum menetapkan kapan Idul Fitri.

Sejumlah kelompok masyarakat telah merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022 lebih dulu. Mereka menggelar salat Id meski pemerintah belum menetapkan kapan hari raya Idul Fitri.

Setidaknya, ada tiga kelompok masyarakat yang menggelar salat Id lebih dulu. Mereka tersebar di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut); Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel); dan Surakarta atau Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Deli Serdang, Sumut, telah menggelar salat Idul Fitri 1443 H hari ini. Salat Id dilaksanakan di rumah suluk Naqsabandiyah.

Dikutip dari detikSumut, pelaksanaan salat dimulai pukul 07.40 WIB, Minggu (1/5/2022). Jemaah terlihat memenuhi ruangan hingga luar ruangan.

Usai salat, jemaah mendengarkan khotbah Idul Fitri. Jemaah terlihat ada yang menggunakan masker, tapi ada juga yang tidak.

"Hari ini kita merayakan salat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H. Kenapa hari ini, karena pada hari itu kita sesuai dengan ketetapan tuan guru kita dan pimpinan Naqsabandiyah Alkholidiyah Jalaliyah, menetapkan 1 Ramadan itu pada 1 April 2022. Kemarin genap 30 hari, dan hari ini kita melaksanakan salat," kata Ketua Badan Pemakmuran Rumah Suluk Naqsabandiyah, Syekh Muda Markum, di lokasi.

Markum mengatakan rumah suluk ini menjadi salah satu lokasi pelaksanaan salat Id jemaah Naqsabandiyah di Sumut. Salat Id juga dilaksanakan di Kecamatan Bandar Tinggi, Simalungun.

"Metode yang digunakan Naqsabandiyah Jalaliyah itu menggunakan hisab Qomariah. Dan itu sudah dilaksanakan sejak dulu," tutur Markum.

Markum menyebut jemaah yang datang hari ini lebih banyak dari dua tahun sebelumnya. Hal ini karena adanya kelonggaran aturan yang ditetapkan pemerintah tentang penanganan pandemi virus Corona.

"Mungkin kali ini ada sekitar 300 sampai 400 jemaah yang hadir," jelasnya.

Simak juga Video: Epidemiolog Ingatkan Pentingnya Jaga Prokes saat Salat Idul Fitri

[Gambas:Video 20detik]




Comments

http://galeriwisata.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!