Terima Kunjungan SMA Yasporbi I, Stafsus Seskab: Selamat Datang di Lingkaran Inti Kepresidenan
Terima Kunjungan SMA Yasporbi I, Stafsus Seskab: Selamat Datang di Lingkaran Inti Kepresidenan
Terima Kunjungan SMA Yasporbi I, Stafsus Seskab: Selamat Datang di Lingkaran Inti Kepresidenan

Stafsus Seskab Emir Kresna Wardana menyambut kedatangan siswa SMA Yasporbi I Jakarta, Rabu (08/05/2024), di Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Sekretariat Kabinet (Setkab) menerima kunjungan SMA Yasporbi I Jakarta, Rabu (08/05/2024), di Aula Serbaguna, Gedung III, Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta. Menyambut kehadiran para siswa SMA Yasporbi I tersebut, Staf Khusus Sekretaris Kabinet (Stafsus Seskab) Emir Kresna Wardana menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus mengapresiasi antusiasme para siswa dalam mengikuti program studi lapangan ini.

“Sekretariat Kabinet itu ada di lingkaran inti kepresidenan. Jadi di dalam lingkaran kepresidenan itu ada tiga institusi, yaitu Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, juga ada namanya Kantor Staf Presiden,” kata Emir.

Emir memaparkan, tugas yang dijalankan Setkab adalah memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada presiden dan wakil presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Sekretariat Kabinet itu kita lebih ke substansi, jadi tim pemikirnya presiden itu ada di Sekretariat Kabinet,” imbuhnya.

Sejalan dengan tugas tersebut, lanjut Emir, salah satu fungsi yang dilaksanakan Setkab adalah menyelenggarakan sidang kabinet atau rapat terbatas yang merupakan forum tertinggi pengambilan keputusan di kabinet pemerintahan di tanah air.

“Rapat terbatas itu adalah bagian dari fungsi presiden untuk memutuskan suatu kebijakan. Nah kami lah yang melakukan rekomendasi-rekomendasi kepada presiden atas usulan kementerian-kementerian dan lembaga yang ada di Indonesia,” terang Emir.

Emir pun berharap para siswa SMA Yasporbi I dapat memanfaatkan kunjungan lapangan ke Setkab ini untuk menggali lebih dalam mengenai seluk beluk pemerintahan, khususnya peran Setkab.

“Mudah-mudahan nanti bisa belajar lebih dan mendapatkan banyak manfaat,” tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Kepala SMA Yasporbi I Muhammad Ilham Tachril menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari program studi lapangan yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran kontekstual kepada para siswa, khususnya terkait mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

“[Kunjungan] ini menyangkut dengan pembelajaran kontekstual di dunia pendidikan, yaitu adalah kunjungan ke lembaga-lembaga negara,” ujar Ilham.

Ilham berharap dengan kunjungan ini para siswa dapat lebih memahami tentang peran dan fungsi lembaga negara baik unsur eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.

“Kita semua sama-sama memberikan edukasi kepada anak-anak kita karena anak-anak ini adalah calon penerus selanjutnya. Apapun nanti ke depan, seperti apa di tengah tantangan-tantangan global, anak-anak kita perlu diajarkan pengenalan khususnya dari level mengenai kebangsaan,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 69 siswa kelas X dan 6 guru pendamping dari SMA Yasporbi I. Turut hadir juga Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Tata Laksana (Karo SDMOT) Henny Navilah serta Kepala Bagian Pengembangan Kapasitas Pegawai Dwiyanto. (FID/ABD/UN)

Comments

https://galeriwisata.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!