Bahlil Soal Pendanaan IKN dari Softbank: yang Bilang Masayoshi Mundur Siapa? - Bisnis Tempo.co
Bahlil Soal Pendanaan IKN dari Softbank: yang Bilang Masayoshi Mundur Siapa? - Bisnis Tempo.co
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia memastikan Softbank belum mundur dari negosiasi investor pembangunan IKN.

Potongan gambar dari video pendek yang diunggah seniman Nyoman Nuarta pada Kamis, 6 Januari 2022. Gambar yang menunjukkan desain istana kepresidenan untuk ibu kota negara baru di Kalimantan Timur tersebut telah disetujui oleh Presiden Jokowi. (sumber: IG @nyoman_nuarta)

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan pendanaan untuk Ibu Kota Negara (IKN) dari Softbank masih dinegosiasikan. Dia mengatakan, negosiasi masih terjadi dan mencari formula yang tepat.

“Yang bilang Masayoshi mundur siapa? Yang bilang Masayoshi mundur siapa? Sekarang ini negosiasi masih terjadi. Yang namanya negosiasi dalam dunia investasi, selama belum kata titik, itu masih jalan,” ujar Bahlil saat ditemui di kantornya, Senin, 25 April 2022.

Mengenai jumlah yang dinegosiasikan pemerintah dengan Softbank, dia enggan menyebut detailnya. Bahlil mengatakan proposal dari Softbank masih belum pasti.

“Karena Masayoshi proposalnya masih maju mundur, tetapi ruangnya masih ada,” tuturnya.

Bahlil mengatakan, pemerintah juga tidak bergantung penuh kepada modal dari Softbank. Ada atau tidak ada Softbank, ruang untuk investasi di IKN masih terbuka lebar untuk pihak lain.

“Kita tidak menggantungkan diri kepada masayoshi. IKN itu bukan berarti ga ada Masayoshi, mati. Dia yang melakukan penawaran, kalau gak cocok gak apa-apa. Masih ada yang lain kok,” katanya.

Sebagaimana diketahui, pada pertengahan Maret lalu Softbank mengumumkan bahwa mundur dari megaproyek pembangunan IKN. Walau demikian, pihaknya akan tetap melanjutkan investasi di Indonesia melalui perusahaan di dalam portofolio SoftBank Vision Fund.

Untuk pembangunan IKN ini membutuhkan dana sebesar Rp 466 triliun, yang mana 19-20 persennya menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Sampai saat ini pemerintah masih mencari investor dan bernegosiasi dengan berbagai pihak dari dalam dan luar negeri.

12 Selanjutnya
  • IKN
  • SoftBank
  • Masayoshi Son
  • Investasi
  • Luhut
  • Ibu Kota Negara
  •  

     

    Comments

    https://galeriwisata.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

    0 comment

    Write the first comment for this!