20 Destinasi Wisata Bogor dengan Nuansa Alam yang Menyejukkan - Liputan6.com
20 Destinasi Wisata Bogor dengan Nuansa Alam yang Menyejukkan - Liputan6.com
Destinasi wisata Bogor bisa menjadi pilihan menyenangkan untuk melepas penat.
Husnul AbdiHusnul Abdi

16 Mei 2022, 14:00 WIBDiperbarui 16 Mei 2022, 14:00 WIB

Glamping di Gunung Pancar, BogorPerbesar
Glamping di Gunung Pancar, Bogor (sumber,

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata Bogor selalu dicari-cari saat liburan. Pasalnya, Bogor menawarkan nuansa alam asri dengan udara yang sejuk untuk setiap wisatawan. Tidak heran, pada hari libur Bogor selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Baca Juga

Sajian alam yang beragam, mulai dari pegunungan atau dataran tinggi, hingga berbagai wisata air bisa kamu nikmati di Bogor. Destinasi Bogor berupa area pegunungan, kamu juga bisa memilih untuk bermain air di curug, hingga menikmati udara segar khas dataran tinggi.

Destinasi wisata Bogor bisa menjadi pilihan menyenangkan untuk melepas penat. Selain itu, letak Bogor yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, tentunya dapat menjadi pilihan tepat untuk liburan sejenak. Apalagi, banyak keindahan alam yang ditawarkan oleh Bogor.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/5/2022) tentang destinasi wisata Bogor.

Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat terpantau macet dipenuhi kendaraan dari arah Jakarta. Tempat wisata seperti kebun teh juga ramai dikunjungi wisatawan.

Taman Buah MekarsariPerbesar
Taman Buah Mekarsari (dok.Instagram @mekarsari_fruitgarden/https://www.instagram.com/p/CIHemm4AymP/Henry)

Taman Safari Indonesia

Taman Safari memiliki sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya. Taman Safari merupakan destinasi wisata Bogor yang sangat populer dan menjadi kebanggaan Indonesia. Taman Safari berlokasi di Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Taman Safari ini bahkan sudah berstandar Internasional. Di sini pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan pengelola Taman Safari. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan semua jenis binatang dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.

Taman Wisata Gunung Pancar

Untuk kamu yang ingin merasakan piknik di tengah alam, tak ada salahnya mengunjungi hutan pinus di kawasan Taman Wisata Gunung Pancar, sebagai salah satu destinasi wisata bogor yang murah. Taman Wisata Gunung Pancar ini merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Selain untuk berkemah, pemandangannya yang cantik juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding. Hanya dengan Rp. 5.000 saat tengah pekan, dan Rp. 7.500 pada akhir pekan, kamu sudah bisa menikmati Taman Wisata Gunung Pancar ini.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan taman indah tematik pertama di Indonesia. Ada lebih dari 2.000 spesies anggrek yang dibudidaya di taman ini. Di destinasi wisata Bogor ini ada taman-taman dengan tema tertentu. Taman Mediterania yang memiliki koleksi kaktus dan tanaman yang bisa tumbuh di hamparan pasir putih. Selain itu, ada juga Taman Bali yang bernuansa seperti di Bali, Taman Mawar dengan bunga mawar berbagai warna, Taman Air dengan berbagai jenis bunga teratau, Taman Jepang, Taman Prancis, serta Taman Labirin yang bisa kamu jelajahi.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata keluarga yang terkenal di Bogor, Jawa Barat. Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia. Agrowisata seluasa 264 hektare ini dilengkapi dengan aneka sarana wisata yang siap memuaskan pengunjung.

Di sini pengunjung bisa berkeliling kebun buah-buah tropis yang dikembangkan dengan baik. Buah-buah ini juga bisa dinikmati langsung dari kebunnya. Tak cuma wisata perkebunan buah, di wisata Taman Buah Mekarsari juga dilengkapi wisata air, taman bermain anak, tempat tingga berbagai satwa dan edukasi alam.

Advertisement

Curug BidadariPerbesar
Curug Bidadari (dok. Instagram @curugbidadarisentul)

Curug Love

Destinasi wisata Bogor selanjutnya adalah Curug Love. Lokasi curug ini berada di tengah persawahan dan perkebunan milik warga, yang disisinya dikelilingi bukit. Berada di antara bebatuan yang terkikis oleh abrasi sungai, lanskap dinding bukit yang mengagumkan menambah nilai eksotis destinasi wisata Bogor ini. Ada yang menyebut curug ini sebagai Grand Canyon mini di Bogor.

Kamu juga tidak perlu bersusah payah untuk menikmati wisata Curug love ini, karena lokasinya dekat dengan tempat memarkir kendaraan. Lokasinya berada di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Curug Cibaliung

Selain Taman Wisata Gunung Pancar, Karang Tengah juga punya objek wisata alam berupa curug cantik. Inilah Curug Cibaliung yang berair biru jernih dan sejuk. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan curug ini sebagai salah satu destinasi wisata Bogor yang murah. Tarif masuknya hanya Rp. 10.000 saja.

Curug Ciherang dan Jembatan Kayu Gantung

Gardu pandang di ketinggian bukit dengan pemandangan sekitar yang indah bisa ditemui di kawasan wisata Curug Ciherang. Di salah satu destinasi wisata Bogor ini baru dibangun rumah pohon dan jembatan kayu gantung untuk menikmati keindahan alam sekitar. Kamu hanya perlu menyiapkan Rp. 5.000 untuk masuk ke tempat wisata ini.

Curug Cikaluwung

Curug Cikaluwung juga bisa menjadi destinasi wisata Bogor yang tak kalah indah. Di sini, kamu akan disajikan nuansa alam yang sangat indah. Kolam air yang jernih dan berwarna kebiruan, tebing batu menjulang dan hawa sejuk yang menyegarkan akan menemanimu saat liburan di Curug Cikaluwung. Kamu bisa menikmati sejuknya air di sini, atau sekadar bersantai menghabiskan waktu. Lokasinya berada di Pemijahan, Bogor.

Curug Bidadari

Curug Bidadari atau Air Terjun Bidadari juga merupakan destinasi wisata Bogor yang sudah cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi Curug Bidadari berada di Desa Bojongkoneng, Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Memiliki ketinggian kurang lebih 70 meter, air dari curug ini berasal dari mata air hutan lindung di daerah tersebut. Untuk menambah keistimewaan lokasi wisata alam ini, pihak pengelola sudah menambahkan water park tepat berada di bawah air terjun. Water park ini memiliki luas kurang lebih 6.000 meter persegi dan dilengkapi dengan pasir putih yang menawan.

Taman Nasional Gunung Gede - PangrangoPerbesar
Para pendaki menyusuri alun-alun Surya Kencana setelah menapai puncak Gunung Gede. Foto: Ahmad Ibo.

Leuwi Lieuk

Destinasi wisata Bogor satu ini tergolong masih baru dan tak kalah dari Green Canyon Pangandaran atau Angel's Billabong-nya Bali. Berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Karang Tengah. Untuk mencapai Leuwi Lieuk kamu harus berenang dari Leuwi Cepet, kemudian trekking sekitar 5 menit. Kamu cukup membayarkan Rp 10.000 untuk menikmati segala keindahan di sini.

Bukit Alesano

Bukit Bintang-nya Bogor ini tawarkan sensasi berkemah di ketinggian bukit, dikelilingi pemandangan kota Bogor yang tampak seperti taburan bintang di malam hari. Sunrise dan pemandangan Gunung Salak-Gede Pangrango yang terlihat dari puncak Alesano ini juga cantik. Kamu hanya perlu menyumbang dengan sukarela untuk menikmati segala keindahan destinasi wisata Bogor ini.

Cianten Bakukung

Cianten Bakukung menawarkan alam dengan udara yang sejuk, pemandangan yang hijau dan nuansa alam yang bikin nyaman. Lokasinya berada di kaki gunung Halimun. Tidak hanya udara sejuk pegunungan yang bisa kamu dapatkan, pemandangan kebun teh yang hijau, dan masuk ke hutan pinus yang instagramable juga bisa kamu lakukan di wisata alam Bogor ini. Tempatnya berada di Desa Cianten, Purasari, Leuwiliang, Bogor.

Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu merupakan sebuah gunung yang terdapat di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Gunung ini termasuk gunung kecil yang jadi spot favorit untuk mendaki. Gunung Batu memiliki puncak yang memberikan pemandangan alam yang indah.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah destinasi wisata Bogor selanjutnya bagi kamu yang hobi melakukan pendakian dan menikmati suasana pegunungan. Di sini kamu akan menemukan berbagai macam flora dan fauna unik. Ikon utama dari Taman Nasional Gunung Pangrango adalah Edelweis Jawa atau dalam bahasa latinnya sering disebut Anaphalis javanica. Jika beruntung, kamu bisa menemukannya di area taman nasional ini. Taman nasional ini juga merupakan yang paling tua karena telah diresmikan sejak tahun 1980. Wilayahnya berada di dua puncak yaitu puncak Gunung Gede dan puncak Gunung Pangrango.

Advertisement

Kebun Raya CibodasPerbesar
Ada beberapa ketentuan untuk berkunjung ke Kebun Raya Cibodas telah dibuka kembali sejak 25 Agustus 2021 (dok.instagram/@kebunrayacibodaslipi/https://www.instagram.com/p/Ba5165clXH9/Komarudin)

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Destinasi wisata Bogor selanjutnya ada di daerah Parung. Tempat ini menawarkan sensasi berendam air panas di infinity pool alami. Airnya yang mengandung belerang dan garam baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit. Di Tirta Sanita juga tersedia kolam rendam privat dan berbagai jenis terapi. Terapi lintah dan fish pedicure pun ada. Untuk anak-anak ada area outbond dan permainan seperti becak mini dan perahu. Tarif masuknya juga cukup murah, yaitu Rp. 8.000 untuk anak-anak dan Rp. 12.000 untuk orang dewasa.

Paralayang Bukit Gantole

Destinasi wisata Bogor yang satu ini cocok buat kamu yang suka olahraga ekstrem. Di Bukit Gantole Puncak Bogor kamu bisa paragliding, mengudara sambil berswafoto. Bukit Gantole menawarkan pengalaman yang berbeda untuk menikmati indahnya alam. Pengunjung bisa terbang menggunakan gantole dari ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Nantinya pengunjung juga akan didampingi oleh seorang instruktur berpengalaman dengan menggunakan perlengkapan yang aman dan terjamin. Jadi tidak perlu takut dan was-was, ya.

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Penangkaran Rusa Cariu Bogor bisa jadi tujuan menarik di destinasi wisata Bogor. Di sini pengunjung tidak hanya bisa melihat puluhan rusa tetapi juga bisa berinteraksi langsung. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu​ adalah taman penangkaran hewan rusa yang dikelola oleh Perhutani.

Agrowisata Gunung Mas

Destinasi wisata Bogor dengan pemandangan yang indah datang dari hamparan perkebunan teh. Selain kebun teh, ada juga penginapan di dalamnya. Kamu juga bisa menemukan area perkemahan, gantole, dan berkuda di dalam kawasan agrowisata ini.

Agrowisata Gunung Mas ini berada di antara Masjid At-Ta’awun dan Taman Safari Indonesia. Di sini kamu akan diajak berkeliling kebun teh dan melihat proses pemetika daun teh.

Bukit Kapur Ciampea

Bagi kamu yang ingin mendapatkan foto di perbukitan yang indah, Bukit Kapur Ciampea bisa menjadi pilihan. Destinasi wisata Bogor ini juga menyajikan pemandangan alam yang indah. Dari puncaknya, kamu bisa melihat pemandangan kota Bogor dari ketinggian. Bahkan, kamu juga bisa menikmati sunrise yang sangat indah di bukit ini. Lokasinya berada di Jalan Raya Cikampek, Bojong Rangkas, Ciampea, Ciaruteun Ilir, Kec. Cibungbulang, Bogor.

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berada di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur. Kebun Raya ini terkenal dengan pohon sakuranya yang jadi daya tarik tersendiri. Bunga yang identik dengan warna pink ini sudah ditanam sejak 1971 guna memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas. Kurang lebih ada 435 pohon bunga Sakura yang dapat kamu temukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango. Bunga sakura bisa dinikmati pada sekitar Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Comments

http://galeriwisata.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations