Home » Yuk Mengenal Lebih Dalam  Jatirejo Desa Wisata Penghasil Kolang-Kaling

Yuk Mengenal Lebih Dalam  Jatirejo Desa Wisata Penghasil Kolang-Kaling

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

SIAPA diantara Sobat Galwis yang suka kolang-kaling? Itu loh yang biasanya ada di minuman kolak menemani pisang.

Tahu kan sob? Nah, mungkin selama ini kamu sudah tidak asing dengan kolang-kaling ini.

Tapi, tahukah kamu bagaimana proses pembuatannya? Ternyata tidak sesederhana itu. Perlu proses yang sangat panjang, untuk mendapatkan kolang-kaling dengan kualitas yang terbaik.

Penasaran? Yuk, kita berkunjung ke Desa Wisata Jatirejo di Kecamatan Gunungpati.

Kampungnya kolang-kaling nih sob. Ada apa aja sih disana? Untuk lebih jelasnya kita simak ulasannya bareng-bareng ya.

Desa Wisata Jatirejo namanya, sebuah kampung penghasil kolang-kaling yang berada di Kota Semarang. Di desa ini kamu akan melihat dan diajarkan bagaimana proses pembuatan dari kolang-kaling.

Maka dari itu, tempat ini mempunyai nama lain yakni Kakola kependekan dari Kampung Kolang-kaling. Disini terdapat 20 lebih pengrajin kolang-kaling dengan masih mempertahankan proses pembuatan secara tradisional.

Maka dari itu, kampung ini menyandang predikat kampung dengan pengrajin kolang-kaling terbesar di Semarang. Proses pembuatan kolang-kaling sangat tidak mudah seperti yang dibayangkan, kita harus berhati-hati dalam memisahkan buah aren dengan batangnya karena jika sampai terkena kulit akan menyebabkan gatal-gatal.

Desa yang berlokasi tidak jauh dari Waduk Jatibarang ini sudah sangat terkenal namanya. Menawarkan wisata kebun kolang-kaling, menjadi suatu keunikan dan saya tarik untuk para wisatawan.

Selain mengintip proses pembuatannya, kita juga bisa membawa manisan kolang-kaling sebagai buah tangan dari kunjungan ke Desa Wisata Jatirejo.

Galeri Wisata

Sumber: www/len-diary.com

Tak hanya menawarkan wisata kebun kolang-kaling, di kawasan desa ini juga terdapat beberapa wahana permainan yang wajib kamu coba. Perpaduan antara wisata kekinian dan wisata alam sudah mulai diterapkan di tempat ini.

Baca juga :  Pengin Wisata Edukatif? Yuk ke Desa Wisata Wonolopo

Hal ini terlihat dengan adanya wahana permainan trail adventure yang memacu adrenalin dan membuatmu tertantang untuk mencobanya. Tenang saja disini juga disediakan penyewaan motor trail beserta peralatan keamanannya.

Adapula wahana air yang tidak kalah serunya dengan trail adventure yakni river tubing. Kamu akan diajak untuk menyusuri keindahan dari sungai Kali Kranji selama kurang lebih 3 jam.

Sambil menikmati pemandangan, di sungai ini kamu juga akan menjumpai banyak jeram yang seru dan tentu saja akan membuatmu merasakan pengalaman yang menyenangkan.

Oh ya, di tempat ini juga terdapat sebuah air terjun yang masih sangat asri loh. Kamu bisa menikmati waktu liburan sambil berswafoto di bawah air terjun yang indah ini.

Kamu juga bisa berenang dan lompat dari atas tebing nih, pokoknya seru banget deh sob. Selesai bermain-main dengan wahana permainannya, kamu juga bisa melihat beragam macam kegiatan warga setempat yang masih sangat tradisional.

Bahkan kamu juga bisa ikut mencobanya nih. Kegiatannya seperti angon kebo, membuat aneka kripik, dan menanam empon-empon (jahe, kunyit, dan kencur) .

Tenang saja jika dalam waktu sehari kamu belum merasa puas, kamu bisa menyewa homestay yang disediakan di tempat ini. Merasakan menginap di tengah-tengah suasana pedesaan yang masih alami, tentu menjadi pengalaman yang langka ya.

Apalagi udaranya yang masih sejuk, cocok banget deh buat kamu yang ingin beristirahat sejenak dari suasana kota yang bising. Nah itu tadi sob beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Desa Wisata Jatirejo atau Kampung Kolang-Kaling.

Sangat edukatif banget ya, dipastikan deh kamu dapat banyak pengalaman dan pengetahuan yang baru. (Dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment