Home » Yuk Main ke Taman Tugu Muda yang Kini Makin Cantik

Yuk Main ke Taman Tugu Muda yang Kini Makin Cantik

by GaleriWisata.id

KAPAN terakhir kamu main-main ke Taman Tugu Muda? Kalau jawabannya lebih dari 6 bulan atau bahkan sudah tahunan, segera sempatkan deh main ke sini.

Dijamin sudah banyak yang berubah. Makin cantik dan makin molek. Baik tamannya maupun pemandangan di sekitarnya bahkan namanya kini sudah disematkan sebagai Taman Love dan Dancing Fountain.

Ya, menurut Kabid Pertamanan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang Atik Nabila, pihaknya menambah beberapa hiasan untuk mengganti pohon yang tinggi. Karenanya, pemandangan di sekitar Tugu Muda seperti Lawang Sewu, Gedung Pandanaran, Gereja Katedral maupun Museum Mandala Bakti, sangat jelas.

“Jadi, kami hanya menambah hiasan kesil saja agar Tugu Muda dan Lawang Sewu nantinya tidak tertutup. Ini kami sebut Taman Love dan Dancing Fountain,” terangnya.

Dijelaskan, Disperkim Kota Semarang bahkan sudah mengucurkan anggaran sebesar Rp3,157 miliar pada Agustus 2018 silam. Pihaknya memang terus melakukan upaya untuk mempercantik Taman Tugu Muda.

Dalam pembangunannya, seluruh konsep air mancur yang lama dibongkar dan diganti dengan konsep baru yaitu air mancur menari. Namun pembongkaran sama sekali tidak menyentuh monumen Tugu Muda.

“Pembongkaran itu tidak mengubah konsep utama yaitu monumen itu sendiri. Kami tetap mempertahankan keasliannya,” paparnya.

Ditambahkan, Taman Love dan Dancing Fountain yang ada di komplek Tugu Muda Semarang cocok menjadi daya tarik spot swafoto pengunjung baik warga Kota Semarang atau dari luar kota. Spot tersebut terlihat menarik bila malam hari karena adanya air mancur menari ditimpa berbagai lampu warna warni.

Seorang asal Banyumanik, Indra Sakti mengaku sangat menyukai perubahan taman ini. Pasalnya, ia kini bisa membingkai foto Tugu Muda atau Lawang Sewu dengan frame alami berbentuk love yang ditumbuhi tanaman menjalar.

Baca juga :  Mengunjungi Goa Kreo: Bambu Krincing dan Legenda Sate Kambing

“Kawasan Tugu Muda sekarang menjadi kawasan yang menarik untuk swafoto. Tamannya kelihatan dirawat dan sangat indah, berbeda dengan kondisi sebelumnya,” tuturnya.

Diakuinya, penambahan orname berbentuk hati di taman, mempercantik Tugu Muda. Selain itu, ditambah dengan pertunjukan dancing fountain setiap malam hari di air mancur sekitar monumen Tugu Muda.

 

 

Artikel Lainnya