Home » WTIDtalk#3 Hadir Bawa Tema Kurikulum Gender Dalam Pariwisata

WTIDtalk#3 Hadir Bawa Tema Kurikulum Gender Dalam Pariwisata

by GaleriWisata.id
WTID

SALAM Perempuan dan Pariwisata! Sebagai platform pertama di Indonesia yang turut mengkampanyekan kiprah dan pemberdayaan perempuan secara umum, dan terkhusus pada sektor pariwisata, Women in Tourism Indonesia (WTID) kembali hadir dalam Women in Tourism Indonesia Talk seri 3 (WTIDtalk #3).

Kali ini, Women in Tourism Indonesia akan kembali mengadakan WTIDtalk #3 yang berkolaborasi dengan Wirta Indonesia, dengan mengangkat tema mengenai kesetaraan gender khususnya dalam kurikulum pendidikan pariwisata. Tentu saja event ini hasil kerja bareng apik dengan media pariwisata terbaik saat ini www.galeriwisata.id

Menyadari kompleksitas persoalan yang dihadapi perempuan di dunia hingga saat ini, membuat isu kesetaraan gender masih menjadi hal yang terus diperjuangkan. Kehadiran women studies atau kajian perempuan, yang berawal dari gerakan feminis, seolah menjadi respon atas tantangan ini. Lahir dari gagasan oleh ketidakpuasan atas perkembangan ilmu pengetahuan yang seringkali bersifat andro-sentris, kajian ini lambat laun menjadi gelombang akademik di ranah pendidikan.

Terkhusus di Indonesia sendiri, dalam perkembangannya, paradigma kajian perempuan kemudian disebut sebagai kajian gender atau gender studies, karena mengevaluasi bahwa kondisi perempuan berkaitan erat dengan relasi gender. Serta tujuan dari konsep kesetaraan sesungguhnya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dalam pembangunan nasional dan masyarakat global yang setara dan adil gender di berbagai sektor.

“Sejatinya, memperjuangkan kesetaraan gender bukan berarti menuntut perempuan harus dipandang sama dengan laki-laki. Namun juga mendukung perempuan agar mendapatkan akses dan kesempatan dalam posisi yang sejajar dalam setiap ranah kehidupan, salah satunya pariwisata karena sekitar 55,07 % pekerja dalam industri pariwisata Indonesia didominasi oleh perempuan,” terang Founder Women Tourism Indonesia Anindwitya Rizqi Monica.

Apalagi, imbuh Monica, sebagai salah satu sektor prioritas yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sejak tahun 2017, tentunya sektor pariwisata membuka akses bagi masyarakat Indonesia untuk turut andil mengambil bagian. Meskipun begitu, masih terdapat persoalan disparitas gender yang menimpa perempuan-perempuan yang terlibat langsung dalam kepariwisataan Indonesia.

Baca juga :  Kamu Perempuan dan Terlibat di Industri Pariwisata? Yuk Ikutan Talkshow Daring yang Digelar WTID

Meski begitu, masih terdapat persoalan disparitas gender yang menimpa perempuan-perempuan yang terlibat langsung dalam kepariwisataan Indonesia, seperti status yang rendah, gender stereotype, triple burden, wage differentials, dan eksploitasi.

Hadir sebagai pembicara adalah Wiwik Sushartami (Dosen S1 Pariwisata UGM), Redempta Bato (Sumba Hospitality Foundation) dan Ulfa Kasim (Institut Kapal Perempuan). Acara keren ini akan digelar Sabtu 28 November 2020 jam 09.00-11.00 melalui daring di aplikasi Zoom.

WTID

Tertarik bergabung? Cusss pantengin akun @womentourism.id atau juga @galeriwisataid atau hubungi narahubung +62 895 3770 85025 (Vivian) bisa juga leeway email womentourism.id@gmail.com

Artikel Lainnya

Leave a Comment