Home Destinasi WOW!! Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Semarang Hingga Juli Capai 4,5 juta

WOW!! Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Semarang Hingga Juli Capai 4,5 juta

by minGal
Galeri Wisata

JUMLAH kunjungan wisatawan ke Kota Semarang hingga Juli 2019, mencapai 4,5 juta orang. Dengan demikian, angka ini sudah mencapai 80 persen dari target kunjungan wisatawan di 2019 yang ditetapkan yakni sebesar 5,7 juta orang.

Meski demikian menurut Kadisbudpar Kota Semarang Indriyasari, Walikota Hendrar Prihadi telah merevisi target tersebut. Secara pribadi, Walikota meminta target dinaikkan menjadi 7 juta kunjungan.

“Target kenaikan itu disampaikan secara langsung oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi kepada saya secara pribadi. Jadi memang revisi target ini lebih sebagai tanggungjawab pribadi,” terangnya.

Adapun realisasi kunjungan wisatawan di tahun 2018 sebesar 5,3 juta. Dan sesuai amanah RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), kenaikan target kunjungan adalah naik 12,5 persen setiap tahunnya.

Seiring dengan banyaknya event di bulan Juli di Semarang, Walikota merevisi target menjadi 7 juta kunjungan. Tercatat, di bulan Juli ada event Semarang Night Carnival (SNC), Apeksi, MXGP, Semargres dan juga Asean School  Games.

Menariknya, dari total kunjungan 4,5 juta orang, sebanyak 44 ribu di antaranya merupakan wisatawan mancanegara. Ia berharap, kunjungan wisman masih dapat ditingkatkan lagi.

Di sisi lain, Iin panggilan akrabnya optimis jika target 7 juta kunjungan akan tercapai hingga akhir tahun 2019. Hal itu ditunjang dengan masih cukup banyaknya even-even berskala nasional yang akan digelar.

Di pertengahan Agustus ini saja, pihaknya akan menghadirkan ‘The King of Broken Heart’ Didi Kempot yang menjadi ‘rajanya’ Sobat Ambyar. Ia yakin, penampilan raja campursari ini akan mengundang banyak wisatawan luar derah untuk datang ke Semarang.

Konser boyband Westlife, diyakininya juga akan menjadi pemantik wisatawan untuk datang. Pasalnya, boyband asal Irkandia ini di tanah air masih sangat banyak.

Di Bulan Desember, akan ada Folkfore yang menjadi pesta seni budaya dari seluruh perwakilan nusantara. Lebih dari itu, pihaknya juga banyak menghadirkan even-even bertaraf milenial secara rutin seperti halnya Music on The Street yang menampilkan live music, food truck, live games hingga merchandise.

“Yang juga ikut membanggakan, lama tinggal (length of stay) di Semarang sudah naik dari 1,2 hari menjadi 1,5 hari. Ini kenaikan yang sangat bagus mengingat selama 10 tahun terakhir, angka lama tinggal di Semarang nyaris tidak beranjak,” tandas Iin.

Artikel Lainnya

Leave a Comment