Home » Wow, 4 Gudang PPI di Kota Lama Disulap Jadi Galeri Industri Kreatif

Wow, 4 Gudang PPI di Kota Lama Disulap Jadi Galeri Industri Kreatif

by GaleriWisata.id

SEBANYAK empat gudang milik PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) di Kota Lama, siap disulap jadi Galeri Industri Kreatif. Dan dipastikan tidak lama lagi akan dapat dinikmati oleh wisatawan.

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu memastikan pihaknya saat ini sedang terus menggodok desain galeri pamer ini. Dan nantinya usai diresmikan Walikota Hendrar Prihadi, kawasan ini akan memiliki 2 galeri.

“Yang sudah ada sebelumnya adalah Semarang Creative Gallery di Jalan Letjen Suprapto,” terangnya.

Dijelaskan, gedung ini sudah selesai dipugar setelah sebelumnya dibiarkan mangkrak dan hanya sebagian yang difungsikan. Adapun progress sisanya hanya mengisi interior secara keseluruhan.

Diharapkan pada akhir April ini bisa rampung. Namun demikian untuk pembukaan, akan dilakukan berbarengan dengan proses rampungnya revitalisasi Kota Lama secara keseluruhan.

“Kalau sudah selesai, ya kita juga selesai. Semoga bisa diresmikan bersama,” terangnya.

Ditambahkan, galeri ini nantinya lebih dikhususkan untuk Industri Kecil Menengah (IKM). Berbeda dengan Semarang Creative Gallery yang dikhususkan untuk UKM.

Mbak Ita yang juga ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang tersebut menambahkan, galeri ini menampung hingga puluhan pelaku industri kecil menengah. Dia menjelaskan, dari jumlah tersebut sekitar 36 merupakan pedagang barang antik.

“Selebihnya nanti ada pengusaha fashion, logam, furniture, dan kuliner. Tentunya nanti akan ditata sedemikian rupa hingga memiliki daya jual,” tambah dia.

Karenanya, pihaknya akan melakukan kurasi lebih dulu karena tidak semua pedagang dapat memanfaatkan bangunan ini. Salah satu syaratnya adalah menawarkan makanan milenial namun tidak meninggalkan khasanah tradisi.

“Makanya nanti kita akan lakukan kurasi terlebih dahulu. Agar para pedagang juga memiliki visi bersama membangun ruang pamer ini menjadi lebih menarik,” tandasnya.

Baca juga :  Asyik Nih, Pembangunan Kawasan Wisata Borobudur Dipercepat

Lebih jauh, Mbak Ita menegaskan galeri ini akan menjadi salah satu pendukung Kota Lama sebagai daya tarik wisata. Menurutnya, Semarang sedang diwacanakan sebagai warisan dunia.

Oleh karenanya, ia meminta kepada seluruh aspek masyarakat di Kota Semarang agar mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkannya.

“Kita ingin sama-sama agar Semarang bisa bangga memiliki Kota Lama sebagai warisan dunia. Makanya, segala upaya kita usahakan,” pungkasnya.

 

Artikel Lainnya

1 comment

‘Kami tetap Tangguh’ Wujud Dukungan dan Protes Revitalisasi Kota Lama - Galeri Wisata 03/05/2019 - 1:50 pm

[…] Wow, 4 Gudang PPI di Kota Lama Disulap Jadi Galeri Industri Kreatif […]

Comments are closed.