Home Event Wayang Jogja Night Carnival#4 Gandeng Wayang Kapi-Kapi

Wayang Jogja Night Carnival#4 Gandeng Wayang Kapi-Kapi

by minGal
Galeri Wisata

SETELAH sukses digelar tahun lalu, Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #4 kembali hadir. Kehadiran mereka kali ini menggandeng Ringgit Wanara Kagungan Dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau yang lebih dikenal sebagai Wayang Kapi-Kapi.

Wayang Kapi-Kapi sendiri sangatlah langka dan jarang ditampilkan di depan publik. Uniknya, wayang ini merupakan kombinasi dari bagian tubuh yang mewakili kehidupan di dunia ini.

Show director WJNC Yetti Martanti, kegiatan ini sekaligus memperkenalkan 14 karakter Wayang Kapi-Kapi. Ia berharap, warga dapat mengenal dan kemudian mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. “Wayang Kapi-kapi memberikan pengajaran agar kita saling menjaga dan menyanyangi satu sama lain. Ini sangat tepat merepresentasikan kondisi perbedaan saat ini,” terangnya.Dijelaskan, Wayang Kapi-Kapi terdiri dari 14 karakter kuat yang mewakili masing-masing perlambang dari hewan yang dipilih. Misalnya adalah Wayang Kapi Kingkin yang merupakan kombinasi dari kera dan kepiting yang memiliki tangan raksasa dan berhasil membangun jembatan di Negara Alengka.Adapula Wayang Jaya Harima atau Wayang Kapi Harima yang merupakan perwujudan badan monyet namun memiliki kuku dan kepala harimau. Ia merupakan pasukan Negeri Pancawati yang memiliki kekuatan dan ditakuti musuh-musuhnya.Masih banyak karakter lainya. Yang kesemuanya mengajarkan sifat-sifat agar manusia menjadi makhluk sosial yang lebih baik dari binatang.

Galeri Wisata

Adapun keempat belas karakter Wayang Kapi-Kapi semuanya dibawakan oleh 14 kecamatan yang ada di Jogja. Semua sengkuyung demi kesuksesan Wayang Jogja Night Carnival #4.

“Terdapat 7 seniman profesional sebagai tim kreatif yang membantu peserta dalam mengawal proses produksi peserta, yaitu KPH Notonegoro, RM. Kristiadi, Ali Nursotya Nugraha, Anon Suneko, Emerentiana Tri Ikhtiarningsih, Agung Tri Yulianto dan Hermawan Sinung Nugroho, ” imbuh Yetti.

Dari 7 artis tersebut di atas, imbuhnya, ada figur yang ikut terlibat yakni KPH Notonegoro yang selalu concern terhadap pengembangan budaya keraton. Dengan kreativitas dan manajemen event yang baik, Yetti optimis masyarakat akan mengenal Wayang Kapi-Kapi dengan baik.

Kisah Wayang Jogja Night Carnival #4 sendiri dibuka dengan penampilan Urang Ayu, seorang putrid cantik anak dari Baruna. Baruna digambarkan merupakan raja laut yang berbadan ikan.

Adapun suami dari Urang Ayu adalah Anoma yang merupakan kera sakti dan sangat termashyur. Penampakan Urang Ayu juga dikawal dengan pasukan udang yang juga berwajah cantik dengan menaiki kendaraan yang juga bernuansa udang.

Galeri Wisata

Acara ini dibuka oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Paduka Paku Alam X bersama Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dihadiri walikota-walikota se-Indonesia.

Artikel Lainnya

Leave a Comment