Home » Warga Harus Ciptakan Iklim Pariwisata Kondusif

Warga Harus Ciptakan Iklim Pariwisata Kondusif

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

MASYARAKAT di sekitar Destinasi Tujuan Wisata (DTW) harus dapat menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan yang berkunjung. Selain itu, tentunya mereka juga dapat ikut menciptakan iklim pariwisata yang kondusif.

Menurut  Kasi Pengembangan Kawasan Pariwisata Disporapar Jateng Hendrawan Purwanto, pihaknya memang terus melakukan terobosan untuk menggenjot kunjungan wisatawan. Salah satunya dengan menggelar kampanye Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Taman Wisata Goa Kreo, Sabtu (27/7).

Dengan demikian, akan mendorong tumbuh kembang kegiatan kepariwisataan di daerah. Dan secara tidak langsung, dapat menarik para wisatawan datang dan berwisata di Indonesia,” terangnya.

Dijelaskan, gerakan sadar wisata bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Khususnya masyarakat di sekitar destinasi pariwisata.

Sekurangnya terdapat tujuh unsur yang membuat wisatawan nyaman saat berkunjung, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan punya kenangan.

“Jika objek wisata memiliki semua unsur Sapta Pesona, wisatawan akan ramai dan mereka akan kembali lagi. Melalui kegiatan hari ini, kita ingin menerapkan kembali Sapta Pesona kepada para peserta, yang merupakan para pegiat pariwisata di daerahnya masing-masing,” ujarnya.

Gerakan sadar wisata di Goa Kreo, dilakukan dengan membersihkan destinasi sekitaran wisata Goa Kreo. Meski sudah ada pekerja kebersihan di masing-masing DTW, namun gerakan ini merupakan aksi nyata warga untuk perduli dan sadar akan potensi wisata di daerahnya.

Galeri Wisata

Kadisbudpar Kota Semarang Indriyasari menambahkan Aksi Sapta Pesona ini menjadi sebuah kebiasaan dilakukan di destinasi wisata yang lain. Pihaknya bahkan sudah menggelar kegiatan serupa di beberapa DTW secara rutin melibatkan stakeholders.

“Gerakan ini, dapat mencetak agen perubahan wisata. Sehingga kita nanti bisa memberikan pelayanan yang ramah, senyum dan lain sebagainya terhadap para wisatawan. Nantinya, wisata Kota Semarang bisa menjadi sektor utama diberbagai daerah kabupaten lainnya,” ujar Iin sapaan akrabnya.

Baca juga :  20 Tempat Wisata Batang Terbaru Dan Paling Favorit

Ditambahkan, hingga pertengahan tahun ini, tidak kurang dari 3 juta wisatawan sudah berkunjung ke Semarang. Padahal target kunjungan wisatawan yang dipatok pihaknya di tahun 2019 ini sekitar 5,7 juta.

“Masih ada 5 bulan lagi jadi kami optimis target tersebut akan tercapai,” ujarnya seraya tak segan meraih sapu dan ikut membersihkan area Goa Kreo.

Artikel Lainnya

Leave a Comment