Home Event Visit Malaysia 2020 Bidik 4 Juta Wisatawan Indonesia

Visit Malaysia 2020 Bidik 4 Juta Wisatawan Indonesia

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

PEMERINTAH Malaysia mentargetkan kunjungan wisatawan dari Indonesia sebanyak 4 juta orang. Duta Besar Malaysia Zainal Abidin Bakar menjelaskan Visit Malaysia 2020 menyasar 30 juta kunjungan wisatawan ke negerinya.

Dari angka tersebut, ditargetkannya pendapatan ekonomi sebesar 100 juta ringgit. Melalui roadshow ke Semarang dan juga Solo serta Jogja, diharapkan dapat menjadi ajang promosi ke pasar wisatawan Jateng.

“Visit Malaysia 2020 adalah salah satu agenda nasional Malaysia untuk meningkatkan kedatangan pelancong ke Malaysia. Target kami 30 juta pelancong dari seluruh dunia datang ke Malaysia setiap tahunnya,” terangnya.

Dijelaskan, kunjungan kerja tersebut akan lebih menghubungkan antara travel agent Jawa Tengah dengan Malaysia. Dia menerangkan, bahwa jumlah wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Jateng juga makin banyak meski belum signifikan.

Ditambah lagi, Malaysia Airlines akan mengadakan inaugural flight yang pertama rute Kuala Lumpur-Solo. Secara tidak langsung, penerbangan ini akan memberi manfaat pada perkembangan pariwisata dan ekonomi setempat.
Dengan adanya potensi dalam perkembangan ekonomi dan peluang bisnis tersebut, Duta Besar Zainal dan delegasi lain juga akan berkunjung dan berbincang mengenai hubungan kerja sama bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam waktu dekat.

“Harapan saya, roadshow dan lawatan kerja ini akan dapat menjalin dan meningkatkan hubungan serta kerja sama bilateral antara Malaysia dan Indonesia. Saya berharap kerja sama kedua negara ini akan memberi dampak positif bagi kedua negara, Indonesia dan Malaysia,” tukasnya.

Diakui, pihaknya mengajak serta beberapa agensi kerajaan Malaysia seperti Tourism Malaysia, Education Malaysia, Matrade, Konsular dan Tenaga Kerja, Malaysia Healthcare, Travel Council dan Malaysia My Second Home. Tujuannya agar kunjungan tidak hanya untuk berwisata namun juga datang dari para pebisnis atau warga yang ingin berobat.

“Berbagai kemudahan untuk berobat di rumah sakit Malaysia dengan destinasi seperti Kuala Lumpur, Melaka dan Penang menjadi andalan masyarakat Indonesia datang berobat ke Malaysia,” tandasnya.

Program lainnya adalah Malaysia My Second Home yang memberikan visa selama 10 tahun bagi warga negara asing tinggal di Negeri Jiran. Total hingga saat ini hampir 1.000 WNI memanfaatkan program ini.

Artikel Lainnya

Leave a Comment