Gelorakan Semangat Cakap Digital, Siberkreasi Ajak Pelajar untuk Tanggulangi Hoax
Gelorakan Semangat Cakap Digital, Siberkreasi Ajak Pelajar untuk Tanggulangi Hoax
KOMINFO menggandeng para stakeholder untuk bergotong royong dalam menciptakan generasi cakap digital.

SEMARANG, jatengnetwork.com - Perkembangan zaman kini telah membawa manusia ke era digital. Artinya, hampir seluruh lini kehidupan kini telah terdigitalisasi dengan optimal.

Tentu, hal ini tidak terlepas dari peran perkembangan teknologi yang didukung juga oleh ketersediaan akses internet bagi masyarakat luas.

Dampaknya, keterjangkauan informasi pun lebih pesat, baik dari segi waktu hingga luasnya sasaran masyarakat yang dituju.

Sayangnya, kemudahan dan keterjangkauan tersebut justru berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah tebaran berita bohong (hoax) di media sosial.

Baca Juga: Moehi Leisure Night Festival (MILLENIAL) 2022 Hadirkan Fiersa Besari dan Guyon Waton

Masifnya informasi yang terkadang tidak terkonfirmasi dengan baik, akhirnya melahirkan bias info yang berujung pada maraknya berita bohong yang seolah-olah menjadi kebenaran.

Jelas jika hoax tersebar dengan masif, dampaknya bisa berujung fatal karena tidak sedikit kegaduhan publik yang terjadi juga karena hoax di masyarakat.

Beberapa dampak negatif yang diakibatkan oleh persebaran hoax di masyarakat adalah terjadinya bullying baik secara langsung maupun cyber bullying, hingga yang paling parah adalah terjadinya perpecahan akibat bias info itu sendiri.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi dampak negatif dari peredaran hoax di tengah masyarakat,  tim Siberkreasi Jateng-DIY menyelenggarakan webinar dengan tajuk 'Pelajar Cerdas Bersosial Media di Era Digital'.

Comments

https://galeriwisata.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!