Bukan Mercy Antipeluru, Jokowi Pakai Mobil Listrik di KTT G20 Bali - detikOto
Bukan Mercy Antipeluru, Jokowi Pakai Mobil Listrik di KTT G20 Bali - detikOto
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menggunakan mobil antipeluru yang biasa dipakai sebagai kendaraan dinas. Di KTT G20 Bali, Jokowi naik mobil listrik ini.

Beberapa petinggi negara yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali membawa mobil kepresidenannya sendiri. Seperti Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang membawa The Beast dan Presiden China Xi Jinping yang membawa mobil kepresidenan Hongqi N701. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menggunakan mobil antipeluru yang biasa dipakai sebagai kendaraan dinas.

Biasanya, Jokowi menumpangi Mercedes-Benz S 600 Guard. Mobil dinas Mercy S 600 Guard itu sudah dibekali perangkat antipeluru bahkan tahan terhadap ledakan. Tapi, di KTT G20 di Bali, Jokowi menggunakan mobil listrik.

Jokowi menggunakan mobil listrik Genesis G80 Electrified di Bali. Mobil listrik Genesis G80 Electrified ini sebenarnya juga disediakan Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20 untuk para petinggi negara dunia yang hadir di Bali. Namun, beberapa petinggi negara memilih menggunakan mobil dinas kepresidenannya sendiri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bicara soal mobil listrik yang ditunggangi Jokowi di Bali, Genesis G80 Electrified merupakan mobil listrik premium buatan Hyundai. Namun mobil yang bisa menempuh 500 km ini belum memiliki fitur antipeluru. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) tercatat menyumbang 131 unit Genesis G80 versi listrik, yang mana 44 unit di antaranya merupakan varian Long Wheelbase. Mobil ini didatangkan secara utuh dari Korea Selatan.

Genesis Electrified G80 dibekali baterai lithium-ion kapasitas 87,2 kWh, mobil ini memiliki 2 motor listrik yang diletakkan di bagian depan dan belakang. Artinya, mobil ini memiliki sistem penggerak semua roda alias e-AWD.

Soal performa, Genesis Electrified G80 memiliki tenaga 272 kW atau setara 364,7 dk yang dihasilkan dari 2 motor listrik. Masing-masing motor listrik tersebut bisa menghasilkan torsi 350 Nm. Alhasil, mobil ini memiliki total torsi 700 Nm. Lewat bekal performa tersebut, Genesis Electrified G80 bisa berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 4,9 detik.

Mobil listrik ini bisa menempuh jarak hingga 427 km saat baterainya terisi penuh. Untuk mengisi ulang daya, pada pengisian daya rapid charging 800V, mengisi daya dari 10% ke 80% hanya perlu 22 menit. Pada kondisi pengecasan normal, mengisi dari 10% ke 100% memerlukan waktu 9 jam.

Sementara itu, mobil-mobil pengawal Jokowi juga memakai kendaraan listrik. Dalam iring-iringannya ada mobil listrik Hyundai Ioniq 5 serta Hyundai Ioniq Electric yang mengawal Genesis G80 Electrified yang digunakan Jokowi.

Motor-motor Paspampres yang biasanya menggunakan motor gede (moge) Honda Goldwing pun diganti dengan motor listrik. Begitu juga moge Yamaha FZ1-biasa digunakan tim matan (penyelematan)-yang berada tepat di samping kiri-kanan mobil Presiden diganti dengan motor listrik naked.

Comments

https://galeriwisata.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!