Home » Taman Indonesia Kaya Tempat Gaul Seniman Semarang

Taman Indonesia Kaya Tempat Gaul Seniman Semarang

by GaleriWisata.id
TAMAN Indonesia Kaya yang dibangun di lahan Taman Menteri Soepeno (Taman KB) diharapkan dapat mewadahi para seniman dan budayawan Semarang untuk berkarya lebih baik lagi.
Hal itu disampaikan Walikota Semarang Hendrar Prihadi di sela peresmian Taman Indonesia Kaya, Rabu (10/11). Menurutnya, taman ini dilengkapi dengan panggung pertunjukan, fasilitas air mancur menari.
“Air mancur itu dapat bergerak selaras dengan alunan musik klasik dan lagu-lagu perjuangan Indonesia,” terangnya.
Dijelaskan, air mancur akan menyala setiap hari pada pukul 19.00 – 20.00 dan hingga pukul 21.00 di akhir pekan. Terletak di pusat kota, Taman Indonesia Kaya ini memberikan warna baru bagi Kota Semarang dan dapat menjadi rumah bagi para seniman Jawa Tengah.
Pasalnya bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan dan pertunjukan seni budaya. President Director Djarum Foundation, Victor Rachmat Hartono didampingi oleh Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian menambahkan, taman ini hasil kerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang. Pembangunan Taman Indonesia Kaya merupakan wujud komitmen pihaknya dalam memperkenalkan kebudayaan Indonesia bagi masyarakat khususnya generasi muda.
“Agar mereka tidak kehilangan identitasnya sebagai bangsa Indonesia. Diharapkan dengan adanya taman ini dapat menumbuhkan lebih banyak lagi seniman di Jawa Tengah dan sekitarnya yang akan berkontribusi kepada dunia industri kreatif di Indonesia,” ujar Victor Rachmat Hartono.
Dia menerangkan, pembangunan Taman Indonesia Kaya dikerjakan oleh PT Idealand Cipta Hijau ini membutuhkan waktu 11 bulan termasuk semua fasilitasnya. Nantinya di taman tersebut akan diadakan program-program seperti workshop tari ataupun kegiatan yang berhubungan dengan seni pertunjukan dan diadakan secara rutin.
“Program ini akan bekerja sama dengan para komunitas seni yang ada di Semarang. Masyarakat dapat mengikuti program ini tanpa dipungut biaya. Panggung Budaya dapat digunakan untuk kegiatan seni dan budaya secara gratis pula, informasi lebih lanjut tentang penggunaan dan peminjaman bisa melalui taman@indonesiakaya.com,’’ imbuhnya.
Program Director Bakti Budaya Djarum Renitasari Adrian menambahkana Taman Indonesia Kaya menjadi ruang publik untuk mendukung aktivitas dan keberlangsungan seni budaya lokal di Jawa Tengah dan di Indonesia. Kedepannya, bisa ditampilkan ragam seni pertunjukan yang dapat dinikmati oleh masyarakat.
“Dengan adanya Taman Indonesia Kaya ini, diharapkan seni pertunjukan Indonesia dapat lebih maju dan lebih berkembang di tanah air kita,” tandasnya.
Baca juga :  Liburan, Water Blaster Dibanjiri Pengunjung

Artikel Lainnya