Home Destinasi Tak Hanya Promosi, Menpar Juga Selfie di Kota Lama

Tak Hanya Promosi, Menpar Juga Selfie di Kota Lama

by minGal
Galeri Wisata

KEHADIRAN Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya di Kota Lama, Sabtu (22/6), tidak hanya untuk berpomosi. Namun orang nomor satu di jajaran kepariwisataan tanah itu juga menyempatkan berswafoto.

Ia juga membuat vlog. Otomatis aktivitas ini menjadi bidikan cerdik para fotografer dan vlogger yang mengikuti langkahnya di sepanjang jalan-jalan di Kota Lama.

Mengawali dengan sarapan di Spigel and Bistro Café, Arief membuka vlog di sana. Dijelaskannya, bangunan berarsitektur Spanyol ini dibangun sekitar 1805.

Lanjut berjalan ke luar, ia menyempatkan diri berhenti di depan Gedung Marba. Lagi-lagi untuk berfoto dan bergaya di depan kamera.

Galeri Wisata

Didampingi Denok Kenang Semarang 2019, ia nampak sangat bersemangat. Begitu pula dengan Kadisporapor Jateng Sinung N Rachmadi, Wakil Walikota Semarang Hevearita G Rahayu dan Kadisbudpar Kota Semarang Indriyasari, senyum bahagia terus mengembang.

“Kita harus mencontoh orang lain yang sudah sukses untuk mengelola semacam kota lama di dunia ini, salah satunya Paradores, perusahaan di Spanyol yang berdiri 90 tahun yang lalu dan mengelola banyak site heritage. Jadi saya optimis, Kota Lama akan menjadi destinasi berkelas dunia dan mendapat pengakuan sebagai warisan budaya dunia dari Unesco,” terangnya.

Karenanya, untuk menata Kota Lama, Kementerian Pariwisata akan mendukung dalam hal manajemennya. Begitu pula dengan integrasi tourism master plan, dan upaya mendapatkan sertifikasi dari Unesco sebagai World Heritage City.

Galeri Wisata

Saat ini Kementerian PUPR  telah membangun masterplan yang lebih fokus membangun insfratruktur. Nantinya kawasan ini menjadi terpadu dan digabung dengan tourism masterplan yang dikerjakan Badan Otoritas Borobudur (BOB).

Usai melihat dari dekat kondisi tangga putar yang masih orisinal di Oudetrap, Menpar berjalan kaki menuju rumah akar di Jalan Kepodang. Namun di dekat DMZ Museum, ia menyempatkan diri berswafoto lebih dulu.

Begitu pula di rumah akar, ia kembali berfoto. Tak lupa disampaikannya agar pengunjung dan wisatawan tidak naik ke jendela agar tidak jatuh dan merusak bangunan cagar budaya tersebut.

“Tidak perlu naik-naik, nanti jatuh. Bangunan ini juga harus kita jaga bersama. Cukup selfie seperti ini saja juga sudah bagus banget kok,” tukasnya.

Galeri Wisata

Tak lupa, Arief juga diajak mengunjungi Semarang Creative Gallery. Setelah itu, menggunakan bus wisata double decker Si Kenang, rombongan menuju Lawang Sewu.

Di sana, aksi foto-foto kembali dilakukan Menpar. Di lorong panjang, di depan kaca patri dan juga di tempat paling istagramable di Lawang Sewu yakni berfoto di belakang jajaran pintu yang memanjang bersama rombongan.

“Pokoknya jangan sampai tidak datang ke Semarang. Kota Lama sudah sangat bagus, Lawang Sewu juga punya banyak spot instagramable. Jangan sampai tidak kesini ya,” ajaknya

Gakeri Wisata

Artikel Lainnya

Leave a Comment