Home » Siapkan Dirimu, Porsimaptar Hadir Kembali

Siapkan Dirimu, Porsimaptar Hadir Kembali

by galeriwisata.id
Porsimaptar XXI

PEKAN Olahraga Kesenian Mahasiswa Pelajar dan Taruna (Porsimaptar) hadir kembali tahun ini. Pesta olahraga terbesar untuk mahasiswa, pelajar dan taruna ke-21 ini digelar 18-22 Oktober di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang.

Sayang nih sob, seiring dengan masa pandemi, Porsimaptar XXI harus kembali digelar secara online seperti di tahun 2020 lalu. Namun tenang, Sobat Galwis tetap dapat menyaksikan gelarannya secara langsung melalui laman www.porsimaptar.com.

Mengambil tema Revolution in Retrovolution, kegiatan ini mengusung slogan Muda, Kreatif dan Inovatif yang akan menyuguhkan kegiatan dan perlombaan yang menarik untuk diikuti. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Porsimaptar kini hadir membawa pesan untuk mengedepankan kekayaan budaya dan juga kemajuan teknologi melalui berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan.

Perlombaan cabang kesenian, science, games, hingga olahraga akan diikuti lebih dari 3.000 peserta. Lomba Karya Tulis Ilmiah, Poster Design Contest, English Competition: Speech dan Newcasting, Art Competition: Lomba tari, vokal, dan band, E-Sport: Mobile Legend, Valorant, dan PUBG serta Short Movie Competition adalah berbagai jenis pertandingannya.

Dan karena masih masa pandemi pula, cabang olahraga yang dipertandingkan hanya e-sport saja demi mengurangi resiko penularan virus Covid-19. Semua pertandingan juga dilakukan secara online lo sob, jadi untuk sementara waktu, agenda sport tourism ditunda dulu ya, kita jadi suporter secara online dulu saja hehe.

Seluruh perlombaan berskala nasional bahkan internasional, dan telah diikuti oleh seluruh peserta dari berbagai daerah, sekolah, dan universitas. Perlombaan ini menghadirkan langsung juri internasional sekaligus, dua di antaranya ialah Shan Shuhas Kumar (India) dan Andres Paraguirre (UNDP Mexico), serta beberapa jajaran pendidik dari universitas di Indonesia.

Lombanya sendiri telah berlangsung sejak September lalu. Nantinya seluruh pemenang akan serentak diumumkan pada tanggal 22 Oktober 2021, bertepatan dengan acara closing Porsimaptar Akpol 2021.

Baca juga :  HARRIS Hotel Sentraland - Semarang Fun Run 5K Persiapan Menuju Harris Day 2018

Menariknya, meski dilakukan secara daring, panitia juga menggelar perlombaan berbasis olahraga. Berkolaborasi dengan iRace Indonesia, perlombaan Virtual Race digelar dalam Virtual Ride sejauh 54 km dan Virtual Race sejauh 21 km.

Selain perlombaan, Porsimaptar kali ini juga menggandeng Senandung Nacita untuk turut berpartisipasi dalam rangkaian acara webinar nasional selaku moderator yang akan berlangsung selama dua sesi dengan narasumber yang tentunya inspiratif dan inovatif.

Nah ada lagi nih sob yang paling menarik dari Porsimaptar 2021 ini yaitu Virtual Exhibition. Karya-karya terbaik anak bangsa yang sudah turut berpartisipasi dalam seluruh perlombaan akan dipamerkan mulai dari hasil poster hingga video penampilan.

Tak ketinggalan, Porsimaptar tahun ini juga menampilkan Display Drumcorps Cendrawasi Akpol dan berbagai kesenian lainnya yang akan dikemas dalam bentuk theatrical maskot Porsimaptar dari opening. Tentu Sobat Galwis tidak boleh melewatkannya karena sangat menarik.

Jangan lupa untuk kepoin media sosial @porsimaptarakpol di Instagram atau  PORSIMAPTAR XXI di akun Youtube ya sob.

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment