Home » Semarang Zoo Diserbu Pengunjung

Semarang Zoo Diserbu Pengunjung

by GaleriWisata.id

TAMAN Margasatwa Mangkang atau yang sekarang diberi nama Semarang Zoo, diserbu pengunjung yang ingin menghabiskan waktu libur tahun baru.

Bahkan sejak libur Natal lalu, pengunjung terus membludak. Selain Semarang Zoo, tiga destinasi wisata Kota Semarang Wisata Goa Kreo di Kandri Gunungpati, Hutan Wisata Tinjomoyo dan Kampoeng Wisata Taman Lele, ikut membludak pengunjungnya.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Litani Satyawati menyebutkan pada momen liburan anak-anak sekolah selama 2 minggu ditambah libur Natal dan Tahun Baru secara khusus disiapkan hiburan dan fasilitas di ketiga obyek wisata kota Semarang tersebut. Selain kebersihan, kenyamanan dan kelengkapan fasilitas obyek-obyek wisata, pihaknya menambahkan beberapa hiburan akhir tahun berupa musik dangdut dan campursari di tiga destinasi wisata pada tanggal 29 dan 30 Desember 2018.

“Pada momen liburan sekolah, banyak warga dan wisatawan yang berdatangan ke Kota Semarang, maka kami secara khusus menambahkan beberapa hiburan di obyek wisata Kota Semarang yang sering dikunjungi. Diharapkan dengan penambahan ini pengunjung yang datang akan betah berlama-lama ke Kota Semarang dan hatinya pun dapat terhibur,” terangnya.

Plt Direktur Semarang Zoo Samsul Bahri Siregar menambahkan, tercatat pada 23 Desember lalu, jumlah pengunjung mencapai 7.000 pengunjung. Diperkirakan sampai libur Tahun Baru nanti bisa mencapai 6.000-7.000 pengunjung per hari.

“Setiap liburan jumlah pengunjung selalu naik. Apalagi di musim libur Natal dan Tahun Baru ini kami juga mengadakan hiburan dangdut dengan penampilan artis Bintang Pantura. Banyak masyarakat yang ikut menonton hiburan dangdut di Semarang Zoo,” tuturnya.

Terhitung ada sekitar 100 spesies binatang yang ada di Semarang Zoo. Koleksi satwa saat ini ada 14 ekor harimau benggala, 1 ekor singa, 4 ekor orang hutan, 62 ekor buaya, 2 ekor gajah, 10 ekor ular, 6 kanguru dan jenis hewan aneka burung dan lainnya.

Baca juga :  7 Hal Menarik Tentang Curug Panglebur Gongso Yang Wajib Kamu Ketahui

Dikatakannya, mengantisipasi kejadian lepasnya harimau beberapa waktu lalu, pihaknya telah memperketat pengamanan. Kandang juga direnovasi agar harimau tidak mudah lepas serta pintu juga dibuat dua pengamanan.

“Kami berencana menambah koleksi satwa di tahun depan. Seperti unta, kanguru dan jerapah, zebra,” ujarnya.

Perbaikan fasilitas juga terus dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kejadian lepasnya harimau beberapa waktu lalu. Seperti perbaikan kandang untuk beberapa hewan buas yakni kandang harimau, kandang beruang, singa dan lainnya.

Selain itu, perbaikan kualitas SDM pada pawang. Peningkatan profesionalisme pada mereka, menurut Samsul, sangat penting. Jangan sampai mereka lengah dalam menjaga koleksi satwa yang ada utamanya pada hewan buas.

Ia mengakui, berbagai kendala dialami Semarang Zoo dalam meningkatkan pelayanan.

“Kendala utama ada pada keterbatasan anggaran. Karena selama ini kami mengelola sendiri pengeluaran yang diperlukan dari hasil tiket penjualan. Tahun depan, kami berencana untuk hutang bank demi perbaikan kualitas, pelayanan dan penambahan koleksi satwa,” harap dia.

Artikel Lainnya