Home Destinasi Semarang Masuk 15 Kota Paling Banyak Dicari Wisman

Semarang Masuk 15 Kota Paling Banyak Dicari Wisman

by minGal
Galeri Wisata

SEBUAH kebanggaan kembali diraih Kota Semarang. Di tahun 2019 ini, kota yang baru saja dimana pariwisatanya dinyatakan sehat dalam penghargaan Swasti Saba Wistara, masuk dalam jajaran 12 besar kota yang dicari wisatawan manca negara.

Pengakuan ini disampaikan Trip Advisor, situs penyedia jasa wisata paling ternama. Dan Semarang menjadi kota ke-12 yang banyak dicari turis dari Singapura melalui kata kunci.

Di peringkat pertama turis dari Negeri Singa ini, banyak menuju Batam dilanjutkan ke Bali dan Bintan Island. Peringkat 12 ini lebih baik daripada Banyuwangi, kota dengan 1000 festival serta Lembang dan Tangerang.

Begitu pula dengan turis dari Vietnam, juga banyak mencari Semarang sebagai kata kunci untuk menentukan destinasi wisata mereka. Tercatat, Semarang ada di baris ke-14, sedikit lebih baik daripada Bogor.

Di peringkat pertama yang banyak dicari wisman dari Vietnam adalah Bali, Jakarta dan Bukit Lawang.

Sementara wisman dari Malaysia dan Thailand, sama sekali belum memasukkan Semarang dalam daftar pencarian destinasi wisata mereka.

Padahal menurut Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Semarang (BP2KS) Benita Arijani, ada rute penerbangan langsung Semarang ke Kuala Lumpur. Namun demi melihat data tersebut, ia mengaku prihatin.

“Berarti ada yang kurang tepat dalam strategi pemasaran yang dilakukan Disbudpar Kota Semarang,” sergahnya.

Untuk itulah dirinya berharap, Disbudpar terus menggalakkan promosi yang tepat ke Negeri Jiran. Dukungan rute penerbangan langsung harus dapat benar-benar dioptimalkan.

Kadisbudpar Kota Semarang Indriyasari mengaku optimis target 7 juta wisatawan yang masuk ke Semarang di tahun ini bisa tercapai. Dengan demikian, di tahun 2020, target kunjungan wisatawan dapat dinaikkan menjadi 7,2 juta.

“Memang belum banyak wisman yang mampir ke Semarang, hanya sekitar 500 orang. Namun kami optimis, dengan semakin banyaknya atraksi, event bertaraf nasional, akan semakin banyak turis yang masuk,” tandasnya.

Di tahun 2020, setidaknya dua event akan masuk dalam Calender of Event (CoE) Kemenpar. Dua event tersebut adalah Semarang Night Carnival (SNC) dan Arak-Arakan Sam Poo.

“Dengan masuk dalan CoE Kemenpar, artinya promosi kita akan dibantu Kemenpar, jangkauannya akan lebih luas. Terkait pemanfaatan digital, tentu akan kami genjot agar pencarian kata kunci mengenai Semarang juga semakin mudah. Ya setidaknya masuk 10 besar dari berbagai negara tersebut tidak hanya Singapura dan Vietnam namun juga Malaysia dan Thailand,” tegas Iin, panggilan akrabnya.

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment