Home » Satu Hari di Kota Bandung Bisa Dolan Kemana? Baca Dulu yang Satu Ini

Satu Hari di Kota Bandung Bisa Dolan Kemana? Baca Dulu yang Satu Ini

by galeriwisata.id
Gedung Sate

BANDUNG selalu menjadi tujuan wisata paling menarik. Menelusuri jalan-jalan di kota ini untuk plesiran, seolah tak cukup waktu untuk melakukannya.

Apalagi jika kita hanya punya satu hari atau mungkin hanya beberapa jam saja. Serasa terlalu singkat untuk menjelajah seluruh sudut Kota Kembang.

Namun Sobat Galwis tak perlu risau, kamu baca dulu yang satu ini. Dijamin waktumu yang singkat terbatas saat mengunjungi Bandung, akan terbayar lunas.

Yang pertama, kamu harus ke Gedung Sate. Gedung dengan puncak atap berciri khas seperti tusuk sate ini, telah lama menjadi penanda atau markah tanah Kota Bandung.

Beberapa bangunan atau tanda-tanda kota di Jawa Barat pasti identik dengan Gedung Sate ini. Tetapi, Sobat Galwis tahu nggak sih siapa yang merancang bangunan ini?

Jawabannya adalah J Greber, arsitek asal Belanda yang mendesain secara neoklasik namun tetap menggabungkan unsur asli Indonesia yang selesai dibangun tahun 1924. Gedung ini sekaligus kantor Gubernur Jawa Barat.

Kalau berkunjung kesini, kita bisa berswafoto di area taman air mancur. Gedung Sate juga cocok buat kita yang suka hunting foto, karena beberapa sudut bangunannya yang instagramable banget.

Di dalam gedung, ada banyak gamelan dan cinderamata yang bisa dijadikan latar belakang foto kita. Dan ada satu yang kita juga nggak boleh terlewatkan yakni pergi ke menara!

Di menara, kita bisa melihat indahnya kota yang dilahirkan Tuhan saat sedang tersenyum ini, dari ketinggian. Pasalnya, tempat ini adalah lantai paling tinggi di Gedung Sate.

Sobat Galwis harus menggunakan elevator untuk bisa sampai disini. Setelah itu, lanjutkan perjalananmu ke Museum Gedung Sate yang menyimpan banyak koleksi seni bahkan batu kali, batu gelas dan baja Swedia yang dijadikan bahan bangunan Gedung Sate.

Baca juga :  Libur Lebaran, Jalan Pandanaran Boleh Parkir 1 Lapis

Di museum ini, kita akan diajak melihat miniatur Gedung Sate dengan teknologi Augmented Reality (AR) dengan gambaran animasi orang Belanda dan para pekerja pembangun Gedung Sate. Bergeser sedikit, kita akan ketemu dengan ruangan terbuka Virtual Reality (VR) untuk melihat simulasi Gedung Sate melalui balon terbang.

Pastinya ini akan menjadi pengalaman yang memorable banget dan nggak boleh dilewatkan! Seru banget kan, bisa diajak berkeliling bersama noni-noni Belanda walaupun semu…hehe.

Setelah itu, sobat juga bisa mengunjungi The Theater untuk melihat sejarah pembangunan Gedung Sate atau 4D Projection untuk melihat Gedung Sate dalam bentuk 4D. Yang paling menarik sih tetap AR karena berasa kita terjebak di masa lalu bersama para pekerja pembangunan gedung.

Di era pandemi seperti ini, Gedung Sate tetap dibuka bagi pengunjung dari jam 09.30-16.00. Kalau mau kesini, jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan ya, sob!

Nah, kalau perut mulai keroncongan, mungkin itu tandanya kita harus mengisi bahan bakar alias makan. Salah satu tempat yang minGal rekomendasikan adalah Jardin Cafe yang ada di Jalan Cimanuk no 1A, Citarum.

 

Jardin Cafe

Sumber: www.bintangrahadian.com

Lokasinya deket banget dari Gedung Sate dan nggak nyampe lima menit, kita bisa menikmati santapan khas western yang enak banget. Tempat ini sangat aesthetic untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga dengan menu yang ditawarkan seperti spaghetti, steak dan lainnya.

Tempatnya sangat sejuk dengan riasan daun-daun yang menambah kesan hijau. Harganya mulai dari 35K saja, yuk dicoba!

Dan setelah kenyang santap siang, kita bisa lanjut JJS atau jalan-jalan sore di Jalan Braga. Jalan ini tentunya udah nggak asing lagi di telinga para wisatawan seiring dengan suasana vintage yang dimilikinya.

Braga

Sumber: IG @ischantsh

Di sisi jalan, banyak coffee shop untuk kita ngopi dara bersama teman. Dan salah stau rekomendasi minGal adalah Kopi Toko Djawa yang selain kopinya uenak, juga karena photobox-nya yang viral itu.

Baca juga :  Kota Lama Belum Bisa Steril Kendaraan Dalam Waktu Dekat

Selain Toko Djawa, ada juga coffeeshop milik youtuber terkenal asal Bandung, Teh Risa Saraswati. Nama tempatnya adalah JurnalRisa, dimana salah satu menu yang paling recommended adalah Kopi Khayalan Hendrick.

Tenang saja, harga kopinya nggak akan bikin bulu kuduk merinding kok sob! Dan setelah hampir seharian lelah berkeliling Bandung, mungkin itu tandanya kita harus berburu makan malam.

JurnalRisa

Sumber: IG @nanapramesthi

Dolan satu hari di Bandung kita tutup dengan makan Sate Ane-Ane ‘Warung Mas Acong’ yang ada di Jalan Cisangkuy, Citarum yang juga tidak jauh dari Gedung Sate. Meski berada di jalanan dengan bentuk warung tenda, namun sate ini sudah banyak dikunjungi dan diviralkan oleh para selebgram.

Harganya hanya 15K, namun citarasanya sangat wah dan tidak kalah dengan menu di restoran. Lidahmu bisa terseok-seok demi mencicipi taste pedas asin dari sate ayam, kambing atau sapi yang disajikan disini.

Sate Ane-Ane Mas Acong

Sumber: IG @nanapramesthi

Tapi kalau kita kesini, jangan pas selesai keramas ya sob karena nanti bisa kena asap arang sate yang semerbak itu hehe… Usai santap sate, kamu bisa kembali ke hotel untuk beristirahat atau melanjutkan perjalanan dolanmu ke destinasi lain.

Nah itu tadi sob, tips berwisata ke Kota Bandung kalau kamu hanya punya waktu terbatas tidak lebih dari satu hari. Selamat mencoba, jangan lupa jaga kesehatan.

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment