Home » Puaskan Dahaga Wisata Kuliner dengan Minuman Khas Pontianak

Puaskan Dahaga Wisata Kuliner dengan Minuman Khas Pontianak

by galeriwisata.id
Minuman khas Pontianak

Oleh: Ellen

KOTA yang dilalui garis khatulistiwa ini memiliki berbagai macam menu minuman yang menyegarkan untuk tenggorokan dan cukup populer untuk warga Pontianak. Tentunya karena dilintasi garis ekuator, kondisi cuaca keseharian di Pontianak memang panas.
Karenanya sangat pas untuk menyantap minuman jenis ini. Tidak saja menyegarkan namun juga dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan.
Berikut hasil rangkuman minGal untuk Sobat Galwis yang sedang berkunjung atau ingin berkunjung ke Pontianak dengan referensi minuman yang melegakan dahaga.

Es Jeruk Pontianak

Hati-hati bagi anda yang menyukai minuman es jeruk. Karena di Pontianak ini, es jeruk yang ditawarkan berbeda dengan di tempat lain.

Saat memesan es jeruk, pasti penjual akan bertanya, “Jeruk kecil atau besar.” Dan minGal sarankan, memilih jeruk kecil.

Rasanya sangat asam namun khas banget Pontianak-nya. Benar-benar rasa es jeruk Pontianak ini tidak dapat ditemui di tempat lain. Swear deh.

Es Lidah Buaya

Seperti namanya, minuman ini dibuat dari potongan tanaman lidah buaya. Di Pontianak, aloevera memang mudah dijumpai dan warga lebih memilihnya mengolahnya untuk dibuat minuman.

Selain segar, lidah buaya juga dipercaya mengurangi panas dalam.  Jadi, tak ada salahnya mencoba minuman khas ini.

Es Tebu

Di Pontianak, es tebu tentunya banyak dijual di pinggiran jalan. Biasanya para pedagang menjual minuman sari tebu tersebut dalam sebuah kantong yang digantung dan belum disajikan bersama es.

Cita rasa manis yang asli dari perasan batang tebu tersebut yang ditambahkan dengan es batu tentu sangat menyegarkan tenggorokan.

Baca juga :  Sentra Kuliner Depok, Perbanyak Daftar Wisata Kuliner di Semarang  

Es Biji Selasih

Biji selasih ternyata juga cukup populer nih sob sebagai menu yang wajib kamu coba, biji selasih tersebut disajikan dengan minuman sirup perisa dan berwarna – warna. Selain menyegarkan, biji selasih tersebut juga kenyal saat digigit.

Biasanya, minuman biji selasih ini disajikan dengan kantong plastik dan siap disajikan dengan orang terdekatmu.

Es Air Tahu

Air tahu merupakan sajian minuman yang paling diminati oleh warga Pontianak. Minuman ini menjadi populer karena rasanya yang manis, menyegarkan dan nikmat yang ditambah dengan isi tahu dan sajian es batu tersebut. Tak hanya menyegarkan, minuman ini juga menyehatkan untuh tubuh karena mengandung protein.

Es Kacang Merah

Pedagang menyajikan kacang merah sebagai toping atau isian dari minuman tersebut. Disajikan dengan cita rasa yang manis oleh susu serta es yang menyegarkan dan rasa kacang merahnya yang lembut membuat minuman ini cukup digemari lohh.

Es Cincau

Di Pontianak. Es cincau disajikan dengan minuman menyegarkan, cincau hitamnya yang dipotong kecil, dan kenyal, sangat menyegarkan ketika disajikan dengan es batu. Minuman ini juga merupakan santapan khas Pontianak yang paling endol sob.

Sari Kacang Hijau

Cocok diminum dengan tambahan es, sari kacang hijau sangat segar dan halus rasanya. Paduan manis dan kenikmatan kacang hijau, deras membahasi tenggorokan.

Banyak ditemukan pada malam hari di Jalan Gajah Mada. Banyak pula muda mudi yang nongkrong bersendagurau di warung-warung yang menjajakan di pinggir jalan di kawasan Pecinan tersebut.

Nahh, itu dia minuman khas dari Kota Khatulistiwa yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sana. Saat berkunjung ke Pontianak jangan lupa untuk mencicipi minuman di atas dan mengikuti peraturan kesehatan protokol yang berlaku ya sob.
Selamat berlibur.

Artikel Lainnya

Leave a Comment