Home » Program Smart City Bikin Berwisata di Semarang Makin Aman dan Nyaman

Program Smart City Bikin Berwisata di Semarang Makin Aman dan Nyaman

by galeriwisata.id
Semarsatata

SOBAT Galwis mungkin pernah membaca terkait program smart city. Dan ternyata Kota Semarang sudah memiliki program ini sejak 2015 lo. Keren kan gaess

Jadi, buat kamu-kamu yang suka solo travelling tidak perlu merasa takut atau khawatir. Baik dari sisi keamanan maupun kenyamanan, semua sudah terjamin.

Tercatat nih sob, sudah ada 10k lebih unit CCTV yang terpasang di seluruh penjuru kota. Tidak hanya di pusat kota namun juga sudah merambah hingga ke RT di pemukiman warga.

Itu belum terhitung dengan pemasangan kamera pengawas miliki sektor private yang terkoneksi dengan command centre di Balaikota. Ini sudah banyak dilakukan oleh pemilik gedung terutama di Kota Lama.

So, mau jalan sendirian atau bareng, kita tetap akan merasa aman dan nyaman. Semua aktivitas kita, terekam melalui kamera pengawas.

Sobat pengin mengaksesnya? Coba saja buka https://semarsatata.semarangkota.go.id/ akan terpampang jelas seluruh titik CCTV yang sudah terkoneksi dengan server pemerintah, kita tinggal klik dan pilih titik mana yang akan kita pantau.

Tidak hanya di Kota Lama, kamera pengawas juga terpasang di beberapa destinasi wisata lainnya. Begitu pula dengan seluruh akses transportasi jalur-jalur utama tempat wisata, juga sudah dipasang.

Dengan demikian, calon wisatawan dapat mengetahui lebih dulu kondisi tempat wisata yang akan dituju. Baik dari sisi akses atau kemacetan hingga ketersediaan sarana publik sampai warung atau café yang buka di sana. Bahkan pengunjung yang tidak mengenakan maskerpun dapat terdeteksi lo?

Selain melihat kondisi secara realtime, melalui aplikasi Semarsatata ini, kita juga bisa mengetahui grafik hingga analitic pengunjung. Semua data disajikan secara kontinyu, terkini dan update.

Wow banget kan sob? Ya, memang inilah salah satu program unggulan Walikota Semarang Hendrar Prihadi yang sudah dimulai sejak 2015 lalu.

Baca juga :  Jadi Denok Kenang Ngapain Saja? Ini Penjelasannya Sob

Visinya ya tentu saja mengkoneksikan semua layanan publik di Semarang agar dapat diakses warga. Bahkan nanti akan dibuat satu smart card yang dapat digunakan untuk semua aktivitas di Kota Loenpia ini.

Dan semuanya terbayar lunas dengan penghargaan dari pemerintah pusat terkait program Semarang Smart City ini. Bahkan di 2019 lalu, program ini diganjar penghargaan terbaik bersanding sejajar dengan Bandung dan Surabaya.

Jadi sob, masih ragu dolan dan berwisata ke Semarang? Gas yuk, tapi jangan lupa prokesnya tetap dijaga ya.

Artikel Lainnya

Leave a Comment