Home Event Penonton Semarang Night Carnival (SNC) 2019 Memludak

Penonton Semarang Night Carnival (SNC) 2019 Memludak

by minGal
Galeri Wisata

RIBUAN penonton menyemut memadati rute penyelenggaraan Semarang Night Carnival (ISNC) 2019. Mereka berdiri di sepanjang rute dan terus merangsek masuk hampir menutup badan jalan.

Akibatnya, peserta karnaval tidak sedikit yang kesulitan berjalan. Apalagi para peserta yang mengenakan kostum lebar dan besar.

Karenanya, petugas kembali selalu mentertibkan mereka. Berkali-kali mereka meminta warga dan penonton agar lebih mundur dan memberi ruang jalan kepada peserta SNC.

Antusiasme warga memang bisa dimaklumi. Mereka sudah datang sejak sore hari meski karnaval baru dimulai sekitar pukul 19.30.

Galeri Wisata

Selain itu, ribuan peserta Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Apeksi) juga ikut memadati jalan. Mereka juga mengirimkan perwakilan peserta untuk meramaikan dengan budaya masing-masing.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi menjelaskan, SNC 2019 merupakan event ke sembilan. Ia bahkan menyebut event ini sudah bertaraf internasional.

“Dapat label internasional karena diikuti peserta luar negeri ada Nanjing Tiongkok, Belanda, Jerman, Australia. Yang paling keren, 98 kota ikut terlibat mengirim peserta,” terangnya.

Sebelum pawai dimulai, Hendi berharap agar warga dan penonton. Terlebih biasanya dengan peserta sekitar 800 orang acara baru selesai pukul 22.00 WIB.

Total peserta karnaval, untuk kostum SNC berjumlah 150 orang. Adapun delegasi 98 daerah Apeksi, total mencapai 4.128 orang.

Ga

Seperti diberitakan, empat tema kostum utama SNC 2019 adalah Minang Sumatera, Wayang Jawa, Enggang Kalimantan dan Papua. Peserta menempuh rute sepanjang kurang lebih 2 Km dari Jalan Imam Bonjol, Pierre Tendean dan Jalan Pemuda.

Berbagai kostum megah berwarna warni dikenakan peserta. Mereka sebelumnya telah menjalani workshop pembuatan kostum hingga performance selama beberapa bulan.

Dalam SNC kali ini, beberapa peserta melakukan inovasi dengan membawa kereta dorong. Penari berada di atas kereta sembari menari, sementara seseorang bertugas mendorongnya sepanjang rute karnaval.

Penampilan artis Narji dari kontingen Tangerang Selatan, sempat menarik perhatian penonton. Mereka mengelu-elukan nama pelawak tersebut yang memang sengaja dibawa Walikota Tangsel yang juga Ketua Dewan Apeksi, Airin Rachmi untuk menyemarakkan SNC dan Pawai Budaya Nusantara ini.

Artikel Lainnya

Leave a Comment