Home » Pengin Wisata Edukatif? Yuk ke Desa Wisata Wonolopo

Pengin Wisata Edukatif? Yuk ke Desa Wisata Wonolopo

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

INGIN liburan yang tidak biasa? Atau ingin merasakan liburan sembari belajar?

Bisa banget nih kamu berkunjung ke salah satu desa wisata yang ada di Kota Semarang. Menghabiskan waktu liburan yang edukatif tentu akan menjadi pengalaman yang berharga.

Desa wisata yang bisa kamu kunjungi salah satunya adalah desa wisata Wonolopo. Desa ini sudah terkenal dan seringkali dijadikan sebagai tujuan wisata edukatif dari acara sekolah, organisasi, kantor, ataupun hanya acara keluarga yang sederhana.

Disini kamu akan dikenalkan tentang kehidupan sebagai warga desa yang masih asri dan masih tradisional. Dan tentu saja alam pedesaan yang sejuk serta banyaknya spot foto yang unik disini juga menjadi salah satu daya tarik untuk wisatawan berkunjung.

Terletak di Kecamatan Mijen, dan memiliki wilayah seluas 403.800 Ha/m², Wonolopo terkenal dengan sebutan desa wisata agro dan jamu. Julukan ini diberikan karena jika kamu berkunjung kesini kamu bisa membuat dan menikmati jamu tradisional serta dapat mengetahui bagaimana caranya menanam aneka buah-buahan dan tentu saja mencicipinya secara langsung disini.

Galeri Wisata

Tak hanya itu, paket wisata yang ditawarkan pun akan membuatmu merasakan kehidupan sebagai warga desa seperti memandikan kerbau, menanam padi, berkeliling desa menggunakan sepeda onthel, beternak, praktik menanam alias berkebun buah durian, salak, jambu biji, dan pepaya, serta kamu juga bisa melihat pembuatan dari sapu ijuk dan pupuk kandang organik. Disini juga kamu akan diajarkan bagaimana caranya membuat batik tulis, ceriping kimpul, kerupuk pangsit dan memanfaatkan barang limbah menjadi barang yang lebih berguna.

Untuk kamu yang suka dengan lukisan atau karya seni, nantinya kamu akan diajak untuk melihat sanggar lukis, kaligrafi, dan cendera mata yang unik di Seno Art. Tempat lain yang juga bisa kamu kunjungi disini adalah Sendang Kahuripan dan rumah jamur tiram.

Baca juga :  5 Tips Piknik Tipis-Tipis di Kota Sendiri

Wisata airnya sendiri juga ada nih sob, yaitu wisata arung jeram dan terapi ikan. Wah paket komplit sekali ya, pokoknya dijamin seru dan mengasyikkan deh.

Masyarakat disini masih sangat menjunjung nilai budaya, dari mulai tata krama hingga kesenian yang masih terus dilestarikan. Kesenian tersebut antara lain karawitan, rebana, jathilan, campursari, keroncong dan tarian anak.

Ada satu tradisi disini yang setiap tahunnya selalu menjadi sorotan yakni tradisi nyadran sentono. Tradisi ini dilakukan setiap malam Jumat kliwon. Seluruh warga desa akan berkumpul untuk makan bersama, namun sebelumnya mereka akan menyembelih seekor kambing.

Kepala dan kaki dari kambing tersebut nantinya akan dikubur untuk sedekah bumi. Karena masih sangat tradisional, warga disini pun juga masih mempercayai hal-hal mistis dari legenda maupun cerita turun menurun.

Seperti cerita tentang Griya Pawening Jati yang ditetapkan sebagai ikon desa. Serta cerita tentang misteri dari Pohon Joho yang dipercaya dihuni oleh Dewi Cantik berkepala ular dan bertubuh manusia.

Di area sekitar pohon ini dianggap sebagai sumber kemakmuran karena dihuni oleh kakek penunggu emas. Adapula cerita tentang Rowosemanding yang menjadi sumber dari irigasi di desa ini, konon katanya airnya tidak akan pernah kering bahkan saat musim kemarau tiba.

Nah, gimana sob, udah tau gambaran dari Desa Wisata Wonolopo kan? Yuk kita berkunjung kesini agar tau bagaimana sensasinya secara langsung. (Dindaidhy)

Artikel Lainnya

Leave a Comment