Home » Pengin Ikutan Nyadran Sendang Kandri? Yuk Gabung Paket Keren Ini

Pengin Ikutan Nyadran Sendang Kandri? Yuk Gabung Paket Keren Ini

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

JADWAL plesiran Sobat Galwis masih kosong di tanggal 30 Januari besok? Jika belum ada agenda, segera siapkan dirimu untuk mengikuti Nyadran Sendang Gede di Desa Wisata Kandri.

Kenapa harus ke Kandri? Karena acara ini sangat unik dan memiliki ritual berbeda apalagi di tengah kota metropolitan yang budayanya masih dipertahankan dengan baik oleh warga.

Dimana sejak pagi, warga Kandri sudah berkumpul di dekat Sendang Lanang. Mereka akan mengarak gunungan sayur dan buah serta replika kepala kerbau menuju Sendang Gede.

Galeri Wisata

Dalam pawai sederhana keliling kampung, ditabuh pula iringan musik tradisi. Penari Tirta Amerta Suci yang terdiri dari kembang desa setempat, berjalan pelan membuka ruang dari penonton.

Iring-iringan warga lainnya termasuk siswa TK dan SD yang membawa manggar, tak luput menyita perhatian. Semua tumplek blek untuk mengucap syukur atas karunia dan kesejahteraan yang dicapai Kandri.

“Tradisi nyadran ini dimulai saat air dari Sendang Gede melimpah ruah, menyuburkan sawah ladang warga. Namun muncul kekhawatiran akan banjir sehingga lalu mata airnya sedikit ditutup dengan menggunakan gong dan jadah serta kepala kerbau,” ujar juru kunci, Ahmad Supriyadi.

Anehnya, pasca ritual tersebut ada seorang warga yang menangis. Dan setelah pulang ke rumah, warga tersebut meninggal dunia.

Karena itulah muncul larangan agar warga atau pengunjung tidak menangis di Sendang Gede. Selain itu, warga setempat juga dilarang mencuci peralatan dapur di sumber mata air ini.

Pantangan lainnya adalah jangan mencaci apapun yang ada di sendang ini. Baik air, pohon maupun kondisi lain yang ada di sekitar sendang.

Galeri Wisata

Nah yang lebih menarik, sobat bisa mengikuti iring-iringan menuju Sendang Gede bersama ratusan warga lainnya. Dengan menginap di home stay yang disediakan di sana, Sobat Galwis juga akan turut serta dalam acara makan bersama dalam wadah daun pisang yang dibuat memanjang secara serentak (kembulan).

Baca juga :  Asyik, Bisa Jadi Petani dan Bermain Lumpur Desa Wisata Kandri

Tentu saja kegiatan ini sangat asyik dan pas untuk menambah konten dan videomu. Tertarik? Hubungi nomer WA 0818458021 (gus Wahid) untuk paket Nyadran Sendang (29-30 Januari 2020), hanya 100K saja.

Fasilitas trip:

  • Shuttle kendaraan dari pusat kota menuju Kandri
  • Home stay 1 malam
    • Makan 2x
  • Mengikuti ritual Nyadran Sendang
  • View, suasana, keramahan desa dan aktivitas warga

Artikel Lainnya

1 comment

untari travel notes January 23, 2020 - 8:11 am

murce banget 100K uda sama nginep dan makan dan transportasi, uwuwuwu

Reply

Leave a Comment