Home » Pementasan Sendratari Legenda Goa Kreo Tak Kalah Apik dengan Pentas Tari Kecak di Uluwatu

Pementasan Sendratari Legenda Goa Kreo Tak Kalah Apik dengan Pentas Tari Kecak di Uluwatu

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

PEMENTASAN Sendratari Legenda Goa Kreo, Minggu (9/6) malam, diyakini tidak kalah apik dengan pentas Tari Kecak di Uluwatu, Bali. Bedanya, di sana sudah terkenal dan paket wisatanya dijual mahal.

Sementara pementasan di sisi Waduk Jatibarang ini baru sekali dilakukan. Meski demikian, Walikota Semarang Hendrar Prihadi optimis jika sendratari ini dapat menjadi paket wisata yang menarik untuk ditawarkan ke wisatawan.

“Pertunjukannya sangat bagus. Hampir mendekati Bali. Semua nyengkuyung bareng dalam pertunjukan ini, sangat terasa,” terangnya.

Dijelaskan, dengan melibatkan banyak seniman, warga serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), bukan tidak mungkin sendratari ini akan mendunia. Namun demikian tentu saja dibutuhkan banyak pembenahan dan promosi.

Hendi menambahkan pertunjukkan seperti ini memberikan daya tarik tersendiri bagi Kota Semarang. Menurut dia, pagelaran itu juga dapat menarik minat generasi muda untuk mau menyimak sejarah dan bagian budaya di Kota Semarang.

“Cerita tadi bagian daripada sejarah Semarang. Kita harus ciptakan dan kreasi sejarah agar anak kuda selalu ingat,” imbuh dia.

Lebih jauh, Hendi menilai event budaya dapat dikemas sebagai produk wisata sehingga apik dan menarik. Serta, pungkasnya, memberikan dampak bagi masyarakat di wisata Goa Kreo.

Karenanya, ia terus mendorong Pokdarwis dan pengelola obyek wisata lainnya untuk terus berinovasi. Di bawah arahan Disbudpar, ia yakin jumlah wisawatan khususnya mancanegara dapat bertambah.

“Ini benar-benar nyaris serupa dengan pentas Tari Kecak, bedanya di sana di pinggir pantai, di sini di sisi waduk. Tapi indahnya tidak kalah. Tapi ya jangan setahun sekali, dipersering dibuat event kreatif di sini,” ujarnya bangga.

Di sisi lain, pementasan Sendratari Legenda Goa Kreo hasil kerjasama dengan Komunitas Tirang ini banyak mengundang decak kagum warga. Tata lampu, penampilan penari dan tarian yang epic, membuatnya pantas diacungi jempol.

Baca juga :  7 Hal Asyik Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Piknik di Grand Maerakaca

Apalagi mulai tahun ini, sendratari dipentaskan sehari bersamaan dengan Sesaji Rewandha. Selain itu juga sudah dipentaskan di Plaza Kandri yang rampung dibangun akhir tahun 2018 lalu.

Sebelumnya, pementasannya selalu dilakukan berbeda tanggal. Lebih dari itu, pengelola sudah menyatukan paket pementasan dengan live in di desa wisata, trekking Watu Gunung, selfie spot dan juga Pajatan Agung.

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment