Home » Pasar Jaten Sudah Dibuka Lagi, Yuk Dolan ke Kampung Jawi

Pasar Jaten Sudah Dibuka Lagi, Yuk Dolan ke Kampung Jawi

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

PASAR Jaten yang berada di Kampung Jawi sudah buka. Tentunya setelah kemarin tutup karena Covid-19.

Jadi mulai Juli lalu, pasar yang menghadirkan sajian khas tradisional ini, sudah dibuka dan menerima kunjungan. Tentu saja dengan memperhatikan protokol kesehatan ketat.

Mulai penempatan tempat cuci tangan di pintu masuk dan tentunya di berbagai tempat terpisah agar pengunjung rajin mencuci tangannya. Masker? Tentu saja, wajib ini hukumnya.

Usai cuci tangan, pengecekan suhu tubuh juga mutlak dilakukan. Semua dilakukan pengelola demi kenyamanan dan kesehatan pengunjung.

Jam Buka Pasar Jaten Kampung Jawi

“Alhamdulillah pengunjung sudah paham terkait protokol kesehatan di Kampung Jawi,” terang pengelola, Siswanto.

Terkait jam operasional, pengelolapun melakukan pengurangan jam. Di mana sebelumnya Pasar di Kampung Jawi tersebut tutup pukul 23.00 WIB, saat ini hanya buka sampai pukul 22.00 WIB.

“Setiap selesaipun juga dilakukan penyemprotan disinfektan. Protokol kesehatan kita lakukan sebagai langkah kami untuk pencegahan penyebaran virus,” tukasnya.

Pihaknya berharap, pandemi Covid-19 bisa segera hilang sehingga Pasar Jaten Kampung Jawi bisa kembali buka normal. Karena tentunya kehadiran pasar ini bisa memberikan manfaat optimal bagi warga sekitar dan wisatawan tentunya.

Sobat Galwis tentunya juga sudah paham kan kalau Pasar Jaten ini menghadirkan suasana dan nuansa adat Jawa. Seluruh pedagangnya mengenakan lurik, ikat kepala jawa dan juga caping selain itu, uang rupiahmu juga tidak berlaku dan harus ditukarkan dengan uang kepeng untuk berbelanja khusus di Pasar Jaten.

Berbagai jajanan dan makanan tradisional ditawarkan di sini. Kita serasa diajak kembali ke era zaman dulu atau masa dimana nuansa desa masih terasa.

Baca juga :  Jamu Anti Corona Dari Wonolopo Semarang

Namun jangan buru-buru pergi ke sana ya sob. Pasalnya Pasar Jaten hanya buka pada Minggu legi atau sekitar 1 bulan sekali menurut pasaran Jawa.

Hiburan

Begitu masuk kawasan Kampung Jawi, kita akan disuguhi syahdu alunan gamelan. Pertunjukan berbagai kesenian tradisional yang dimainkan oleh warga seperti karawitan, keroncong, dan jathilan akan mewarnai seluruh langkah kita menyusuri kampung ini.

Jadi bersiaplah menjadi orang Jowo seutuhnya. Jika memang kamu tahu dan paham Bahasa Jawa, gunakan saja jangan malu-malu.

Meski tidak bisa krama inggil, setidaknya kita dilatih untuk tetap bangga dan senang berbahasa Jawa. Apalagi jika kamu cah Semarang, pastinya bangga dong dengan bahasa ibu.

Yuk agendakan dolan ke Pasar Jaten di Kampung Jawi yang lokasinya ada di Kalialang Lama Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati. Kamu bisa menempuh rute dari Sampangan belok kanan usai jembatan besi atau dari Menyaran belok kiri sebelum perumahan Greenwood.

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment