Home » Pagelaran Wayang Putri Extravaganza Kalimasada Murca Semarang

Pagelaran Wayang Putri Extravaganza Kalimasada Murca Semarang

by GaleriWisata.id
pagelaran wayang putri

Pada Jumat 28/2/2020 Di Gedung Oudetrap, Kota Lama, Semarang lalu terdapat Pagelaran Wayang Putri Extravaganza Kalimasada Murca yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang bersama Sahabat Pecinta Wayang Orang (SPWO).

Menurut Sekretaris Daerah Kota Semarang, Iswar Aminudin, mengatakan bahwa Pagelaran Wayang Putri ini masuk ke dalam rangkaian HUT ke-473 Kota Semarang.

Dengan adanya pagelaran ini diharapkan dapat membangkitkan rasa cinta kepada budaya Indonesia sekaligus menjadi pertunjukan yang menghibur dan memiliki nilai filosofi yang tinggi pada generasi muda selanjutnya khususnya di Kota Semarang.

Pertunjukan kali ini menceritakan tentang pencurian Jamus Kalimasada oleh prajurit wanita Dewi Mustokoweni yang dendam karena orang tuanya dibunuh oleh Prabu Arjuna.

Dewi Srikandi sebagai istri dari Prabu Arjuna tidak terima dan mencoba untuk mencari Dewi Mustokoweni. Terjadilah perebutan Jamus Kalimasada di antara keduanya.

pagelaran wayang putri semarang

“Generasi tak boleh lupa dengan akar budayanya dan melalui pertunjukan ini, wanita juga bisa mengambil peran. Wayang orang ini sebagai bentuk perjuangan dan langkah untuk pelestarian budaya” pungkas Tia Hendi.

Pagelaran wayang orang ini dipentaskan dua kali di hari yang sama yaitu pada pukul 15.00 – 17.00 WIB dan pukul 19.30 – 21.30 WIB.

Dimeriahkan oleh bintang tamu Yati Pesek, Dhanny Dahlan, dan Ciblek Banyumas turut menambah antusiasme penonton yang datang ke sana.

Selain pagelaran wayang orang, ada juga perlombaan fotografi yang terbuka untuk umum.

Foto-foto pemenang nantinya akan dipajang pada puncak acara pada tanggal 21 Maret 2020 mendatang. Ada juga Bazaar produk seni dan kuliner bertempat di Radjawali Semarang Cultural Center pada tanggal yang sama.

Sebelumnya, Pagelaran Lakon Kalimasada Murca ini berhasil meraih kesuksesan di Gedung Kesenian jakarta pada Maret silam.

Baca juga :  Hotel Penuh, Kunjungan Objek Wisata di Semarang Melonjak

“Pagelarang ini bagus, tempatnya juga bagus, baru kali ini bisa menikmati pertunjukan wayang orang di Semarang secara terbuka. Harusnya ada banyak event seperti ini terutama yang berhubungan dengan budaya kita sendiri. Jadi tak hanya setahun sekali saja.” Kata Nico, salah satu pengunjung yang hadir di Pagelaran Wayang Putri Kalimasada Murca.

Pertunjukan ini memang diperankan oleh perempuan seluruhnya. Demikian juga dengan pemeran karakter laki-lakinya juga diperankan oleh perempuan.

Artikel Lainnya

Leave a Comment