Home » Nikmatnya Es Puter Conglik yang Legendaris

Nikmatnya Es Puter Conglik yang Legendaris

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

ES krim adalah makanan beku yang sangat diminati banyak orang dari kalangan semua umur. Baik tua maupun muda, jika soal es krim pasti akan lahap memakannya.

Selain murah, es krim juga banyak variasinya. Bahkan sekarang sudah bermacam-macam rasa yang diproduksi. Selalu menjadi sasaran disaat hawa panas menyerang.

Rata-rata tempat es krim disediakan adalah di kafe dan restoran. Hal ini tentu membuat kita bosan bukan? Tenang, minGal punya kok rekomendasi tempat penjualan es krim tapi dengan nuansa yang berbeda di Semarang. Kali ini tempatnya yaitu di pinggir jalan, jadi merakyat sekali sob.

Warung ini diberi nama “Es Puter Conglik”. Nama yang cukup unik sehingga membuat kita sebagai wisatawan penasaran dan ingin berkunjung kesini.

Berbentuk seperti warung pinggir jalan lainnya, tempat ini berlokasi di Jalan Ahmad Dahlan No. 11. Dengan tempat yang lumayan luas, kamu bisa banget nih datang kesini dengan teman-temanmu.

Galeri Wisata

Disini terdapat es krim dengan 4 macam menu utama yaitu durian, kelapa muda, alpukat, dan coklat.  Tapi jika ingin dicampur 2 rasa juga diperbolehkan kok. Menu yang paling banyak diminati ialah durian alpukat, alpukat coklat, dan durian coklat.

Tak hanya menyajikan es krim, disini mempunyai banyak sekali toping yang tentu saja akan menggoda selera. Seperti kolang-kaling raksasa, agar-agar, roti, dan siwalan.

Bahkan ya sob, mangkoknya itu lumayan besar, jadi dijamin deh isinya sangat memuaskan. Wah, sungguh menggoda sekali ya membayangkan kita menyantap es ini di tengah teriknya matahari. Duh, mimin jadi ngiler hehe.

Tenang saja, bahan yang digunakan di warung ini terbuat dari bahan-bahan alami. Bahkan disini menggunakan santan untuk pengganti susu.

Baca juga :  20 Menu Baru Santan Resto Manjakan Lidah Tamu Hotel Horison Nindya

Rasanya pun tak hanya manis, namun juga memiliki semburat rasa asin dengan tekstur yang agak kasar. Gak usah dibayangin, nanti kamu ngiler wkwkwk.

Galeri Wisata

Warung yang telah buka sejak tahun 1982 kini telah diwariskan hingga generasi kedua. Bu Tri yang kini mengelola es puter Congklik menjelaskan asal mula berdirinya warung ini yaitu dari kakeknya (Sukimin) yang berjualan di sekitar Pecinan dengan gerobak kecil yang selalu ia dorong.

Nama “ Conglik” sendiri berarti “Kacung Cilik” atau dalam  bahasa Indonesianya “Pembantu Kecil”. Resep dan cara pembuatannya diajarkan langsung oleh orang Belanda, maka dari itu rasa yang khas sangat menarik minat kita sebagai masyarakat lokal.

Jadi, cara membuat es krim ini adalah dengan diputar, makanya namanya es puter. Semberi diputar, di seluruh sisi termos ditempatkan garam krosok agar bekunya awet. Namun meski dibuat secara tradisional, rasa es puter Congklik sungguh istimewa.

Dan seporsi dari es puter cukup dibarter dengan 20k hingga 30k. Bergantung dari toping atau tambahan yang kamu inginkan.

Galeri Wisata

Selama era new normal ini, Es Puter Conglik buka setiap hari kecuali hari minggu dari jam 16.00 hingga 10.00. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan air cuci tangan dan sabunnya hingga hand sanitizer yang berada di setiap mejanya.

Selain enak, terjangkau, ternyata warung ini sangat menjaga kebersihan ya sob. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, berkunjung kesini! (Dinda)

Artikel Lainnya

Leave a Comment