Home » Ngga Cuma Loenpia, Ini 7 Makanan Yang Wajib Kamu Cobain Kalau Berkunjung Ke Semarang

Ngga Cuma Loenpia, Ini 7 Makanan Yang Wajib Kamu Cobain Kalau Berkunjung Ke Semarang

by galeriwisata.id
Tugu Muda
BERWISATA bukan hanya sekedar jalan-jalan mengunjungi destinasi-destinasi unik. Tidak afdol rasanya kalau belum menjajal makanan khas dari daerah yang kita kunjungi.
Salah satu kota yang menarik untuk dicicipi makanannya adalah Kota Semarang. Kota yang mendapat sebutan Kota Loenpia ini memiliki banyak sekali makanan khas yang bakal nyesel kalau tidak diicipi.
Apalagi Semarang juga dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata kuliner. Oleh karena itu, kali ini minGal ingin memberikan rekomendasi makanan khas selain loenpia yang wajib Sobat Galwis cobain kalau berkunjung ke Kota Semarang.
Check it out!

Wingko Babat

Wingko Babat

Sumber: www.shopee.co.id

Tenang sob, ini bukan babat yang daging itu. Wingko Babat adalah jajanan yang menjadi favorit para wisatawan.

Bentuknya bulat, kecil, dan pipih. Wingko Babat original memiliki rasa kelapa, rasa cokelat, nangka, durian, dan sebagainya.

Rasanya gurih dan juga legit. Untuk memperoleh wingko babat, Sobat Galwis dapat berkunjung ke Jalan Pandanaran karena disepanjang jalan tersebut banyak yang berjualan wingko babat ini.

Roti Ganjel Rel

Roti Gandjelrel

Sumber: www.ksmtour.com

Roti Ganjel Rel bisa dikatakan jajanan legendaris khas Semarang. Roti ini berciri khas berwarna cokelat, bertabur wijen putih, serta rasanya manis, gurih, dan legit.

Keberadaan roti ini di Semarang sudah mulai memudar. Untuk mendapatkan “koewih tempo doeloe gandjelrel” maka Sobat Galwis dapat mengunjungi kawasan Pasar Johar, Jalan KH Agus Salim atau di Waroeng Semawis.

Wedang Tahu

Wedang tahu

Sumber: www.solopos.com

Wedang tahu adalah sajian minuman hangat yang terbuat dari kembang tahu dari saripati kedelai, kuah jahe dan gula jawa. Awalnya, penjual sajian ini adalah keturunan Tiongkok dibantu dengan pribumi yang ada di Semarang.

Baca juga :  7 Resto di Semarang yang Siap New Normal

Jika ingin mencobanya, Sobat Galwis dapat mengunjungi Warung Wedang Tahu Pak Adi di Jalan Setiabudi, tepatnya sekitar 10 meter sebelum lampu merah Patung Kuda di depan toko roti Swiss atau di depan toko roti Swiss yang di Jalan Gajah Mada.

Mie Kopyok

mie kopyok

Sumber: www.resepmasakan.web.id

Mie kopyok atau mie teng-teng adalah salah satu makanan berat yang wajib dicoba wisatawan yang berkunjung ke Semarang. ‘Kopyok’ dalam bahasa Semarangan artinya diaduk atau dicampur.

Sedangkan ‘teng-teng’ adalah suara dari piring yang dipukul-pukul yang dikeluarkan penjual ketika berkeliling menjajakan mie ini. Mie kopyok terdiri sayuran tauge, potongan tahu goreng, lontong, kerupuk gendar, taburan daun bawang dan bawang goreng yang disiram kaldu bawang putih.

Hidangan ini sangat enak dan mengenyangkan serta mudah ditemukan di daerah kota Semarang.

Tahu Petis

Tahu petis

Tahu Petis adalah salah satu jajanan khas Semarang yang terbuat dari tahu goreng yang di dalamnya diisi bumbu petis. Bumbu petis sendiri terbuat dari olahan udang dengan sausnya berwarna hitam. Hidangan ini memiliki sensasi rasa yang cenderung gurih dan manis. Tahu petis ini sangat mudah ditemukan dan biasanya disajikan untuk cemilan ketika acara kumpul-kumpul dengan keluarga, teman, dan sanak kerabat.

Tahu Gimbal

tahu gimbal

Sumber: www.id.wikipedia.org

Berbeda dengan tahu petis yang digunakan untuk cemilan, tahu gimbal adalah makanan berat yang terbuat dari perpaduan lontong, tahu goreng, bakwan udang, sayur kol, dan disiram dengan saus kacang. Disebut gimbal karena ada campuran udang yang digoreng dengan tepung dan telur.

Hidangan ini memiliki sensasi rasa yang cenderung gurih dan manis. Pedasnya bisa diatur sesuai selera.

Kue Gandos

gandos

SumberL id.wikipedia.org

Gandos merupakan jenis kue atau camilan yang bentuknya mirip seperti kue pukis yaitu setengah lingkaran. Gandos terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa yang dipanggang kemudian ditaburi dengan kepala parut.

Baca juga :  Ini Nih, Mie Bebek Panggang Rosti Café Yang Bakal Bikin Kamu Nagih

Gandos memiliki rasa yang gurih dan manis. Jajanan ini biasanya dijual secara keliling atau dapat ditemukan di pasar tradisional.

Nah Sobat Galwis, itu tadi 7 jajanan atau makanan khas Semarang selain loenpia yang bisa kamu santap saat dolan ke Semarang. Selain ketujuh makanan tadi, tentunya masih banyak kuliner lain yang wajib pula kamu cicipi klo dolan ke Semarang.
Jangan lupa untuk selalu jaga protokol kesehatan. Usahakan pula, selalu buang sampah di tempat yang disediakan.
Selamat berburu kuliner sob!

Artikel Lainnya

Leave a Comment