Kota Lama Semarang Jadi Destinasi Wisata Paling Banyak Dikunjungi saat Libur Lebaran 2022
Kota Lama Semarang Jadi Destinasi Wisata Paling Banyak Dikunjungi saat Libur Lebaran 2022
Kawasan Kota Lama Semarang menjadi destinasi wisata paling banyak dikunjungi di Jawa Tengah saat liburan Lebaran 2022.

GALERI WISATA - Kawasan Kota Lama Semarang menjadi destinasi wisata paling banyak dikunjungi di Jawa Tengah saat liburan Lebaran 2022.

Hal ini berdasarkan data Disporapar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang melakukan rekap data kunjungan wisata selama libur dan cuti lebaran.

Bahkan, pencapaian Kota Lama Semarang berhasil mengalahkan Candi Borobudur Magelang sebagai tujuan wisata favorit masyarakat.

Dari data Disporapar Jateng  Kota Lama Semarang berada di urutan pertama, disusul Candi Borobudur Magelang di urutan kedua, dan Pantai Menganti Kebumen di urutan ketiga.

Secara lebih detail, Sub Koordinator Pengembangan Pasar Disporapar Jawa Tengah, Tanti Apriani, menyebutkan bahwa Kota Lama Semarang selama libur dan cuti lebaran dikunjungi oleh 162.719 wisatawan.

Sedangkan Candi Borobudur dengan 153.070 kunjungan wisata, dan Pantai Menganti Kebumen dengan 115.775 kunjungan.

"Data yang kami himpun diambil dari mulai tanggal 23 April 2022 sampai 10 Mei 2022," ungkapnya, Rabu, 11 Mei 2022.

Tak hanya Kota Lama Semarang, dalam data tersebut secara umum Kota Semarang sendiri juga menjadi daerah yang paling banyak diminati wisatawan dengan mencatatakan 399.631 kunjungan.

Angka tersebut terpaut jauh dengan Magelang yang ada di peringkat kedua dengan 304.602 kunjungan wisata.

Sedangkan Banyumas di peringkat ketiga dengan yang didatangi 281.439 wisatawan.

Berhasilnya Kota Lama juga Kota Semarang sebagai destinasi wisata terlaris itu pun tak lepas dari peran Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Dia berhasil mendorong transformasi pada wilayah yang dipimpinnya.

Pasalnya ibu kota Jawa Tengah yang semula lebih dekat dengan aktivitas ekonomi di sektor industri, berhasil didorongnya bergeser lebih fokus pada pengembangan pariwisata untuk dapat mewujudkan pemerataan ekonomi masyarakat.

Bahkan meski sektor pariwisata sempat ambruk pasca ditetapkannya kondisi pandemi covid-19, Kota Semarang tetap menegaskan fokus pembangkitan sektor pariwisata untuk pemulihan ekonomi.

"Ada sebuah optimisme bahwa 2022 ini ada sebuah momentum kebangkitan. Kami di Kota Semarang ini sudah fokus di pariwisata," tegas Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu pada pembukaan Kafe Omah Gunung, Rabu, 11 Mei 2022.

Hendi mengagtakan keberhasilan Kota Lama dan Kota Semarang menjadi destinasi yang paling diminati wisatawan akan terus melakukan evaluasi.

"Dengan banyaknya wisatawan yang berhasil ditarik, sudah pasti setelah kita harus lakukan langkah - langkah evaluasi berikutnya, agar kemudian tidak terjadi overtourism," jelas Wali Kota Semarang itu.

Hendi telah mencatat sejumlah hal yang perlu menjadi perhatian dia dan jajarannya di Pemerintah Kota Semarang. Jalur-jalur yang sudah semakin hari semakin macet yang bagaimana caranya harus kita urai supaya orang nyaman.

"Kondisi infrastrukturnya juga harus terus dievaluasi supaya bisa lebih baik lagi," tutup Hendi.

 

 

 

Comments

https://galeriwisata.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!