Koperasi Didorong Lakukan Transformasi Digital
Koperasi Didorong Lakukan Transformasi Digital
SEMARANG - Digitalisasi penting diterapkan di semua sektor, termasuk koperasi. Melalui digitalisasi koperasi, pertanggungjawaban bisnis menjadi transparan dan akuntabel, serta mampu memberikan pelayan

SEMARANG – Digitalisasi penting diterapkan di semua sektor, termasuk koperasi. Melalui digitalisasi koperasi, pertanggungjawaban bisnis menjadi transparan dan akuntabel, serta mampu memberikan pelayanan mudah dan cepat.

“Pentingnya digitalisasi koperasi yang pertama terkait efisiensi dan akuntabel. Karena koperasi seperti perusahaan yang harus ada pertanggungjawaban. Terlebih koperasi dimiliki semua anggota, sehingga transparansi pertanggungjawaban itu penting,” jelas Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, saat memberikan sambutan pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi KPRI Bhakti Praja, di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Jateng, Rabu (22/2/2023).

Selain itu, imbuhnya, melalui digitalisasi koperasi, berbagai bidang usaha yang dijalankan koperasi, baik koperasi simpan pinjam maupun penjualan barang akan mampu bersaing dan tetap eksis di tengah persaingan usaha yang semakin ketat. Digitalisasi koperasi dinilai mampu mendukung pelayanan lebih cepat, serta mendorong kinerja koperasi.

“Digitalisasi ini sangat support untuk menyampaikan pertanggungjawaban secara transparan dan akuntabel. Selain itu juga efisien, sehingga proses bisnis akan lebih cepat, dapat menghilangkan jarak, pelayananan lebih cepat, dan mendorong kinerja koperasi,” beber Sumarno.

Untuk itu, kata sekda, Pemprov Jateng terus mendorong semua koperasi yang tersebar di berbagai daerah di Jateng mengarah ke digitalisasi. Sebab, apabila tidak penerapkan digitalisasi maka akan ketinggalan semua, termasuk tertinggal di sektor penjualan maupun pasar.

Senada dengan Sekda Sumarno, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Jateng, Ema Rachmawati mengatakan, digitalisasi koperasi sangat penting agar tidak sekadar aplikasi tetapi bagaimana ada perubahan transformasi bisnis koperasi menuju arah digital.

“Jadi kalau dengan digitalisasi, insyaallah akan good government, ada keterbukaan dan pertanggungjawaban yang jelas kepada seluruh anggota. Bahwa, keuangan koperasi bisa dilihat jejak digitalnya, setiap saat, dan setiap waktu oleh semua anggota,” katanya.

Menurut Ema, ke depan perkoperasian akan ada kewajiban-kewajiban seperti bank. Termasuk semua koperasi diwajibkan menggunakan digitalisasi, dan ada standarisasi digitalisasi yang diterapkan. Sehingga, saat pemeriksaan buku keuangan koperasi, tidak terjadi perbedaan antara hasil pemeriksaan Dinas Koperasi dengan perpajakan, maupun pemeriksaan lembaga lainnya. (Humas Jateng)*ul

 

Accessibility Tools

Increase Text
  • Decrease TextDecrease Text
  • GrayscaleGrayscale
  • High ContrastHigh Contrast
  • Negative ContrastNegative Contrast
  • Light BackgroundLight Background
  • Links UnderlineLinks Underline
  • Readable FontReadable Font
  • Reset Reset
  • Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

    Jl. Pahlawan No.9, Mugassari, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50249

    Telp:024-8415548, 8453676

    Fax:024-8311266

    Email:ppid@jatengprov.go.id

    Comments

    https://galeriwisata.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

    0 comment

    Write the first comment for this!