Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Tahan Lama
Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Tahan Lama
Menyimpan daging kurban memang sedikit tricky. Oleh karenanya, ketahui cara menyimpan daging kurban di kulkas agar tahan lama dan segar.

Idul Adha merupakan momen spesial bagi umat Islam di seluruh dunia. Di momen ini, banyak keluarga yang mendapatkan limpahan daging kurban. Namun, tak jarang daging kurban yang melimpah tersebut tidak dapat diolah sekaligus. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menyimpan daging kurban di kulkas agar tahan lama dan tetap segar.

Menyimpan daging kurban di kulkas dengan cara yang tepat dapat memperpanjang usia daging hingga 1 tahun. Hal ini tentu membantu kamu untuk mengolah daging kurban secara bertahap dan menghindari pemborosan. 

Baca Juga: 50 Ucapan Selamat Idul Adha 2024, Menyentuh dan Penuh Makna

Berikut adalah langkah-langkah cara menyimpan daging kurban di kulkas:

Sebelum menyimpan daging kurban di kulkas, disarankan untuk memotong dan memisahkan daging sesuai dengan kebutuhanmu. Hal ini akan memudahkan kamu saat akan mengambil daging untuk diproses lebih lanjut. Selain itu, dengan memisahkan daging, kamu dapat mengatur ruang penyimpanan di dalam kulkas dengan lebih efisien. Kamu bisa menerapkan cara berikut ini: 

Langkah ini menjadi salah satu langkah penting untuk menyimpan daging kurban, selain itu juga penting untuk memilih wadah atau kemasan yang sesuai untuk penyimpanan selama di kulkas. Pastikan wadah tersebut bersih dan tahan air agar dapat melindungi daging dari kontaminasi bakteri. Gunakan wadah yang dapat ditutup rapat untuk mencegah udara masuk dan mengakibatkan oksidasi pada daging. Perhatikan juga beberapa poin berikut ini:

Cara menyimpan daging kurban di kulkas selanjutnya adalah memastikan suhu kulkas tetap optimal. Ini merupakan kunci utama dalam menyimpan daging kurban dengan baik. Suhu ideal untuk menyimpan daging biasanya berkisar antara 0-4 derajat Celsius. Pastikan kamu melakukan pengecekan secara berkala pada suhu kulkas dan atur sesuai kebutuhan agar daging tetap segar dan aman dikonsumsi,

Meskipun kulkas dapat memperlambat pertumbuhan bakteri, namun tetap disarankan untuk tidak menyimpan daging terlalu lama di dalam kulkas. Usahakan untuk segera mengkonsumsi daging kurban dalam waktu yang wajar setelah penyimpanan. Jika daging tidak akan segera digunakan, pertimbangkan untuk menyimpannya dalam freezer untuk memperpanjang masa simpannya.

Perhatikan juga tips penting dalam menyimpan daging kurban di kulkas, berikut ini: 

Baca Juga: Niat Puasa Idul Adha: Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah

Dengan mengikuti cara menyimpan daging kurban di kulkas yang benar, maka daging pun lebih tahan lama dan tetap terjaga kesegarannya. Daging yang disimpan dengan benar dapat dimasak dengan aman dan lezat untuk dinikmati kapanpun kamu mau. Biar cita rasanya semakin nikmat, kamu bisa menambahkan berbagai bumbu-bumbu instan yang bisa kamu beli di Shopee, mulai dari bumbu rendang, semur daging, gulai, dan masih banyak lagi. Biar belanja semakin hemat, kamu bisa memanfaatkan diskon live shopping Shopee Live dan Gratis Ongkir. Menariknya lagi, Shopee menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan kamu bertransaksi, mulai dari ShopeePay, pay later, COD Cek Dulu, transfer bank, dan lainnya. Belanja di Shopee pun semakin mudah dan praktis!

Gimana tipsnya sangat mudah, bukan? Namun, tetap ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan peralatan saat menangani daging kurban untuk mencegah kontaminasi bakteri, ya. Selamat mencoba!

Comments

https://galeriwisata.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!