Alasan Yogyakarta Akan Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023
Alasan Yogyakarta Akan Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023
ASEAN Tourism Forum (ATF) 2022 telah selesai dilaksanakan di Kamboja pada awal Januari lalu. Dalam pertemuan tersebut, Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah ATF untuk tahun 2023 mendatang, tepatnya di Yogyakarta. Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah berdasarkan giliran yang ditentukan dari urutan abjad dalam lingkup negara ASEAN.
“Dipilihnya Yogyakarta sebagai tuan rumah berdasarkan beberapa pertimbangan:
 
Pertama, jarak kota Yogyakarta dengan kawasan Borobudur sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) yang tidak terlalu jauh.
 
Kedua, memiliki akses internasional dengan fasilitas yang memadai untuk delegasi ASEAN melalui Yogyakarta Internasional Airport di Kulonprogo, jalan tol Trans Jawa, dan kereta api sehingga aksesnya akan lebih mudah dari seluruh Jawa.
 
Ketiga, memiliki fasilitas akomodasi bintang 5 yang memadai untuk penginapan dan pertemuan tingkat tinggi untuk jumlah delegasi sekitar 200 orang. Keempat, memiliki fasilitas ruang pameran yang memadai untuk sekitar 850 buyers dan sellers pada rangkaian acara Travel Expo (TRAVEX). Dan kelima adalah dengan melihat perkembangan di kawasan Borobudur saat ini, ATF di Yogyakarta akan menarik minat buyers dari seluruh dunia,” kata Iman Santosa selaku Direktur Hubungan Antar Lembaga Kemenparekraf.
 
Selain acara utama, pelaksanaan ATF di Yogyakarta nantinya akan dimeriahkan dengan beberapa side event.
 
Iman menjelaskan, beberapa side event yang akan diusulkan seperti Courtesy Call, yaitu delegasi meeting dengan Sri Sultan Hamengkubowono X dalam rangkaian makan bersama.
 
Selanjutnya ada Post-Meeting Tour yang akan diikuti oleh para menteri pariwisata dan Head of NTOs negara ASEAN yang juga akan mengangkat tema seperti Borobudur Trail of Civilization (BTOC).
 

 

Comments

https://galeriwisata.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!