Home » Museum Bubakan Kota Lama Segera Rampung, Sudah Siap Piknik Kesini?

Museum Bubakan Kota Lama Segera Rampung, Sudah Siap Piknik Kesini?

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

SOBAT Galwis sudah tahu dan pernah ke Kota Lama kan? Nah, bakal ada yang baru nih disana.

Namanya adanya Museum Kota Lama di bundaran Bubakan. Museum ini nantinya akan menghadirkan artefak dan berbagai ragam kisah keberadaan Kota Lama sejak zaman Portugis dan juga Belanda.

Saat ini progress pembangunannya sudah 70%. Jadi pada akhir Nopember nanti, sudah bisa sobat nikmati semberi piknik dan tentunya berfoto ria.

Menariknya, museum yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) bersama Pemkot Semarang ini akan menghadirkan artefak berupa ujung benteng (bastion) Kota Lama. Selain itu juga akan dilengkapi dengan sculpture, polder dan jembatan kaca di atasnya.

Wow banget kan sob? Jadi selain berfungsi sebagai eduwisata sejarah, kawasan Bubakan juga akan tetap memiliki peran mengendalikan banjir dengan keberadaan polder penampung air.

Biaya pembangunannya tak main-main lo. Total dana sebesar 15 miliar digelontor untuk mewujudkan kehadiran museum yang juga sebagai fasilitas penunjang pengajuan Kota Lama sebagai world heritage ke Unesco.

“Bubakan ini kalau sudah selesai akan menjadi destinasi yang menarik. Bagian bawahnya ada kolam polder yang memiliki fungsi retensi banjir, di atasnya ada kolam indah yang dilengkapi dengan jembatan kaca serta terdapat museum Kota Lama Semarang,” terang Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Galeri Wisata

Nantinya, bastion menurut Walikota yang akrab disapa Hendi itu akan ditempatkan dalam kotak kaca. Dengan demikian, keberadaannya akan tetap terjaga dari tangan jahil dan juga tangan yang ingin menjamah benda bersejarah tersebut.

Seperti Sobat Galwis ketahui, Kota Lama merupakan pusat perdagangan di masa VOC yang dilengkapi dengan benteng persegi lima (bastion). Hanya sayangnya, benteng ini sudah tidak dapat lagi dinikmati bentuknya.

Baca juga :  Hindari Kesemrawutan, Kelompok Seni di Kota Lama Didata

Hanya tersisa beberapa artefak berusia ratusan tahun. Berbeda dengan keberadaan puluhan gedung di Kota Lama yang masih berdiri tegak dan dapat dinikmati bentuknya.

Karenanya, kewajiban kita nih sob untuk ikut menjaga warisan heritage ini. Dengan tidak memegang, kita sudah membantu untuk menjaga kelangsungan bangunan dan artefak tersebut.

Eh jangan lupa pula untuk tidak nyampah sembarangan agar Kota Lama tetap indah dan asyik dinikmati. Yuk piknik yuk ke Kota Lama…

Artikel Lainnya

Leave a Comment