Home » Museum Berkonsep Imersif Segera Hadir, Wisata Semarang Bakal Semakin Mendunia

Museum Berkonsep Imersif Segera Hadir, Wisata Semarang Bakal Semakin Mendunia

by galeriwisata.id
Museum Kota Lama

SOBAT Galwis sudah tahu belum bakal ada yang baru lagi di Semarang? Dan yang satu ini pastinya akan semakin membuat dunia pariwisata Semarang makin hebat dan mendunia.

Dan yang lebih menarik, ini adalah museum sejarah pertama di Indonesia yang memiliki konsep imersif. Eh eh, imersif itu apa sih artinya?

Jadi gini, menurut Walikota Semarang Hendrar Prihadi, museum sejarah ini nantinya akan memadukan teknologi yaitu layar sentuh interaktif, virtual reality (VR), augmented reality (AR) dan sebagainya. Ditargetkan museum itu bisa dinikmati bulan Agustus tahun ini.

dengan konsep imersif. Museum ini menghadirkan teknologi yang mengaburkan batasan dunia nyata dan dunia digital.

Wow banget kan sob? Apalagi baru hanya di Semarang yang punya kayak gini.

Museum sejarah ini lokasinya ada di Bubakan, Kota Lama. Bangunan fisiknya sudah jadi kok, sudah bisa kamu lihat kalau melintas ke Kota Lama dari arah Jalan MT Haryono.

Bentuknya unik. Temboknya terbuat dari bata merah menyala, persis di tengah bundaran.

Di sekelilingnya terdapat polder atau kolam tamping air. Dan memang, bangunan unik ini didesain seiring dengan penemuan situs benteng Kota Lama di masa VOC.

“Saat ini ada dalam tahap penyempurnaan konsep pengaplikasian teknologi, semoga prosesnya lancar,” imbuh Hendi seraya berharap doa dan dukungan Sobat Galwis semua.

Meski demikian, kita semua harus sabar untuk menikmatinya. Karena paling cepat, bangunan museum ini baru akan dapat dinikmati pengunjung pada pertengahan tahun 2021.

Secara teknis, nantinya seluruh pengunjung akan diajak mengunjungi masa lalu, seolah memasuki lorong waktu. Museum ini akan menampilkan teknologi dan pembelajaran sejarah secara lebih menarik.

Hayo ngaku, siapa di antara kita yang suka males-malesan mengunjungi museum untuk belajar? Hehe sama kok, minGal kadang juga ogah-ogahan karena membosankan.

Baca juga :  Tohpati Ramaikan Festival Kota Lama 2018

Namun dengan hadirnya museum bertekonologi imersif ini, kita pastinya akan senang dan bangga belajar sejarah. Tak akan lagi ada rasa sungkan atau segan belajar tentang masa lalu, asal bukan masa lalu dengan mantan hhaha.

Nantinya, narasi akan dikemas secara menarik begitu kita memasuki ruangan museum. Pengunjung akan diajak berkeliling Kota Lama di era sebelum tahun 1900-an.

Tertarik? Sabar dulu sampai Agustus nanti ya sob

 

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment