Home » Mengenal Raja Ampat: Surga Dunia di Ujung Papua

Mengenal Raja Ampat: Surga Dunia di Ujung Papua

by galeriwisata.id
Raja Ampat

SOBAT Galwis pasti pernah mendengar nama Raja Ampat? Yap benar, sebuah gugusan pulau indah di Papua Barat.

Lautan lepas dengan pulau-pulau karang yang tersusun rapi disambut beberapa ekor lumba-lumba yang berlompatan ceria. Deskripsi tempat yang indah memang bukanlah mimpi , semuanya nyata benar-benar ada di Papua.

Surga di Tanah Papua memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Maka tak heran, Raja Ampat juga sering disebut sebagai ‘The Last Paradise in Indonesia’.

Raja Ampat

Sumber: IG @adzkyatourtravel

Kepulauan yang berada di ujung barat laut Pulau Papua ini memang sudah dikenal luas destinasi travelling terbaik para penggila petualangan. Sedangkan bagi para penyelam, baik dari dalam dan luar Indonesia, Raja Ampat dianggap sebagai surga yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Raja Ampat menjadi sangat terkenal di mata dunia karena adanya film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere dengan judul Edis Paradise 3. Berada di kawasan teritorial Papua Barat yang merupakan sebuah gugusan pulau yang tersebar dengan jumlahnya sekitar 610 pulau.

Akan tetapi hanya ada 35 pulau saja yang dihuni oleh penduduk sob, sisanya masih kosong tidak berpenghuni. Gimana, kamu tertarik tinggal di sana? Ehehhee

Keindahan yang disuguhkan enggak cuma dari segi kehidupan fauna laut, namun juga dinding-dinding bawah laut serta flora laut. Namun khusus yang ini, hanya bisa dinikmati dengan cara menyelam lo sob.

Raja Ampat

Sumber: IG @samkolder

Dan banyak banget wisatawan manca yang datang cuma buat nikmatin keindahan wisata bawah laut Raja Ampat. Dan memang worth it kok, meski biayanya juga cukup mahal.

Pasalnya, karena berupa kepualauan, maka transportasi yang digunakan juga pastinya hanya tersedia transportasi laut. Gunanya juga untuk mempermudah jangkauan wisatawan atau penduduk untuk ke ibu kota kabupatennya.

Raja Ampat

Sumber: IG @explore.raja.ampat

Adapaun 4 pulau terbesar yang menjadi sorot wisatawan untuk berkunjung ialah Pulau Batanta, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Waigeo. Nama Raja Ampat sendiri diambil dari keberadaan empat pulau ini yang berarti empat raja.

Baca juga :  Curug Gondoriyo: Dari Air Terjun Bercahaya Hingga Jembatan Mak Comblang dan Talang Londho

Menariknya, dari masing masing pulau terdapat cerita masyarakat yang menarik banget sob! minGal gak akan cerita disini aha, biar kamu penasaran dan segera menyiapkan tabungan untuk pergi kesana dan menggali sendiri ceritanya.

Dan selama kamu berkunjung kesini kamu juga bisa beli beberapa souvenir di Kota Waisai. Kain tradisional, kerajinan anyaman, patung Suku Asmat, alat musik tradisional, tambur (drum tradisional) dan suling bisa menjadi oleh-oleh khas selain tentunya foto dan konten medsosmu.

Raja Ampat

Sumber: IG @souvenir_shop_jayapura

Jadi pastiin kalo kamu pulang engga cuma moment dan foto-foto keren yang kamu bawa pulang, inget juga buat bawa oleh-oleh untuk keluarga, teman dan buat orang tersayang kamu jangan sampe lupa hehehe!

Nah, segitu dulu cerita minGal di Raja Ampat. Bagaimana, Sobat Galwis sudah mulai menyiapkan tabungan untuk plesiran ke Raja Ampat? Kalau sudah, nanti kita plesiran bareng ya sob.

Tapi ingat untuk selalu menjaga prokes kalo lagi dolan yo! Salam kebat (keren dan hebat) untuk Sobat Galwis dimana-pun kalian berada!!

Artikel Lainnya

Leave a Comment