Home » Mengenal Apa Itu Cincin Tunangan dan Tips Membelinya

Mengenal Apa Itu Cincin Tunangan dan Tips Membelinya

by GaleriWisata.id

Menjelang momen pertunangan, tentu ada banyak hal yang harus disiapkan dengan baik-baik bukan. Hal tersebut agar acara tersebut tidak mengecewakan begitu saja. Salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik adalah keberadaan cincin tunangan. Untuk mempersiapkannya, anda bisa melakukannya sendiri maupun bersama dengan pasangan anda.

Keberadaan cincin ini memang menjadi elemen yang sangat penting sebelum menuju ke jenjang hubungan yang lebih serius yakni pernikahan. Hal tersebut tidak lain karena cincin tersebut digunakan sebagai pengikat hubungan pasangan anda. Inilah mengapa untuk memilih cincin inipun juga tidak boleh anda lakukan secara sembarangan.

Saat ini, terdapat beragam pilihan desain cincin untuk tunangan yang bervariasi mulai dari harga yang murah hingga mahal dengan desain yang simple hingga mewah. Tentunya, dalam memilih cincin tersebut juga harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki masing-masing. Di samping itu, anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting agar tidak membuat pasangan anda kecewa.

Apa itu cincin tunangan?

Cincin tunangan ini sendiri merupakan sebuah cincin dimana dilengkapi dengan berlian maupun jenis logam berharga dimana diberikan oleh seorang pria kepada tunangannya pada hari pertunangan nantinya. Ternyata kebiasaan memakai cincin untuk acara tunangan ini juga sudah ada sejak lama bahkan sudah dimulai oleh bangsa Romawi.

Pada saat itu, bangsa Romawi kuno sendiri biasanya akan menggunakan cincin yang terbuat dari batu, besi, tulang hingga tembaga dimana digunakan sebagai penanda kontrak bisnis atau untuk menegaskan saling mencintai pasangannya. Di samping itu, mereka juga dikenal mempunyai 2 cincin pertunangan yakni cincin besi dan cincin emas.

Sedangkan pada zaman itu, Paus Nicholas I menyatakan apabila cincin tunangan menjadi lambang niat seorang pria untuk menikah. Tetapi pada saat itu bahan cincin yang popular adalah emas. Sedangkan cincin pertunangan yang dilengkapi oleh batu berlian, pertama kali muncul pada tahun 1477 silam. Disamping itu, keberadaan cincin tersebut juga menjadi lambang status social maupun finansial dari seorang pria.

Baca juga :  PO Hotel Sediakan Promo Stay 3 Pay 2 Package

Tips membeli cincin tunangan yang hemat

Rencana untuk membeli cincin ini memang harus disiapkan dengan matang oleh setiap calon pengantin. Tentunya anda juga ingin memberikan yang terbaik kepada pasangan bukan. Perlu diketahui juga apabila cincin pertunangan yang bagus tidak harus mahal. Untuk anda yang punyai budget pas-pasan, berikut ini tips hemat dalam membeli cincin tunangan.

  1. Memilih material yang tepat

Dalam membeli cincin untuk tunangan, sebaiknya anda juga harus memilih material yang tepat. Untuk anda yang punya budget terbatas, sebaiknya hindari pembelian cincin emas putih karena harganya cenderung mahal. Cobalah untuk memilih palladium dan emas kuning yang lebih terjangkau. Namun, anda juga tetap harus memperhatikan kualitas dari cincin supaya dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

  1. Jangan lupa manfaatkan potongan harga

Biasanya toko perhiasan memang akan memberikan promo berupa potongan harga pada hari-hari tertentu. Disinilah anda tidak ada salahnya buat memanfaatkan keberadaan potongan harga tersebut. Adapun waktu yang tepat untuk berburu diskon adalah menjelang akhir tahun maupun ketika hari valentine.

  1. Jangan memilih cincin berlian

Perlu diingat apabila tidak ada aturan bahwa cincin tunangan harus terdapat batu berlian didalamnya. Apabila anda ingin pengeluaran hemat, cobalah untuk memilih jenis batu permata lainnya yang lebih terjangkau.

Sebagai pasangan, anda pasti ingin memberikan cincin yang terbaik kepada calon pasangan anda bukan? Passion Jewelry merupakan toko perhiasan yang berpengalaman dan terpercaya dimana memahami setiap kebutuhan anda. Segera kunjungi passionjewelry.co.id untuk mendapatkan informasi lebih jauh.

Artikel Lainnya

Leave a Comment