Home » Liburan, Water Blaster Dibanjiri Pengunjung

Liburan, Water Blaster Dibanjiri Pengunjung

by GaleriWisata.id

SELAMA libur Natal dan Tahun Baru 2019, jumlah pengunjung objek wisata Water Blaster melonjak drastis.

Rata-rata jumlah pengunjung mencapai  2.000 orang per hari selama liburan. Bahkan pada puncak liburan, Sabtu (29/12) dan Minggu (30/12) lalu, pengunjung mencapai angka 2.700/hari.

“Pada hari biasa pengunjung waterpark yang telah berusia sekitar 10 tahun ini hanya sekitar 100 hingga 200 pengunjung,” terang Direktur Operasional Water Blaster Soemitro.

Pihaknya sengaja menghadirkan hiburan tambahan bagi pengunjung saat liburan ini. Selain live musik, ada bagi bingkisan untuk pengunjung dan Foam Party (Pesta Busa).

Jumlah pengunjung ini, tambahnya, sebenarnya masih rendah dibanding beberapa tahun lalu. Puncak kepadatan pengunjung pernah dialami Water Blaster sekitar tahun 2009 dan 2010 lalu dimana jumlah pengunjung mencapai 7.000 orang/hari.

Menurunnya jumlah pengunjung beberapa tahun terakhir ini, karena di beberapa daerah sekitar Semarang mulai tumbuh wahana permainan air yang menyerupai konsep Water Blaster. Meski skalanya lebih kecil dan membidik segmen menengah ke bawah, diakuinya hal itu sangat mempengaruhi jumlah pengunjung di obyek wisata yang menyajikan wahana permainan air ini.

“Sejak 2013 memang mulai ada penurunan jumlah pengunjung. Hal itu karena banyak di daerah sekitar Semarang yang membuka hiburan serupa. Dulu semua wisatawan yang ingin bermain air kumpul ke sini semua. Namun ini wajar di dunia bisnis. Mengelola tempat hiburan memang perlu banyak inovasi. Kalau gak ada inovasi pengunjung akan bosan. Sekarang gak gampang dalam pengelolaan, harus tau apa yang diinginkan konsumen,” katanya.

Pembenahan secara rutin selalu dilakukan oleh manajemen untuk memanjakan pengunjung Water Blaster. Meski faham kebutuhan wahana tambahan, Soemitro mengaku belum akan menambah wahana baru untuk menggaet lebih banyak pengunjung.

Baca juga :  Tahun Baru di Semarang: Kota Lama Bebas Kendaraan, Jalan Pemuda Full Artis

“Sebenarnya sudah ada perencanaan untuk penambahan wahana baru, namun belum bisa kami realisasikan dalam waktu dekat ini. Jika menambah, kami tetap dalam konsep permainan air,” paparnya.

Melihat persaingan yang ada sekarang, Soemitro mengaku tak khawatir. Karena menurutnya dalam bisnis persaingan akan selalu ada. Dia yakin bahwa Water Blaster memiliki beberapa keunggulan dibanding wahana permainan air di kota lain.

“Kami memiliki keunggulan dan kami jadikan ciri khas untuk Water Blaster, yaitu penghijauan yang membuat Water Blaster menjadi teduh, kontur tanah yang berbukit, dan lokasi yang cukup strategis di Kota Semarang,” terangnya.

Water Blaster sendiri merupakan salah satu wahana permainan air atau yang sering disebut waterpark yang berada di Jalan Candi Golf no 1, Jangli, Tembalang, Kota Semarang. Memiliki luasan lahan 4 ha, memiliki wahana permainan seperti kolam ombak, seluncuran air dengan bermacam ketinggian, panggung untuk konser dan wave pool dan lazy river.

Manajemen memetok harga tiket Rp 80 ribu untuk hari libur, dan Rp 60 ribu di hari biasa.

 

Artikel Lainnya