Home » Libur Lebaran, Jalan Pandanaran Boleh Parkir 1 Lapis

Libur Lebaran, Jalan Pandanaran Boleh Parkir 1 Lapis

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

JALAN Pandanaran tepatnya di depan kawasan oleh-oleh akan diberlakukan kebijakan boleh parkir satu lapis saat libur Lebaran 2019 ini. Dengan demikian, pengguna jalan lainnya diharapkan memahami.

Atau setidaknya mereka dapat menghindari kemacetan di kawasan ini dengan mencari jalan alternatif lain. Solusi lain untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung pusat oleh-oleh adalah membuat kantong parkir di Jalan Dr Sutomo.

“Kebijakan penggunaan bahu jalan untuk lahan parkir nanti saat lebaran belum diputuskan Belum ada kebijakan itu. Biasanya pada parkir di Jalan Sutomo. Terus kami angkut menggunakan shuttle,” katanya

Dijelaskan, jika berkaca dari tahun sebelumnya, saat menghadapi lebaran, parkir untuk pusat oleh-oleh biasanya berada di Jalan Sutomo atau tepatnya di ujung Jalan Pandanaran. Pembuatan kantung parkir di Jalan Sutomo seperti tahun sebelumnya sebagai langkah untuk meminimalisir kepadatan di Jalan Pandanaran memang kebijakan Dishub Kota Semarang.

Selain dibuatkan kantung parkir, juga disediakan shuttle bus khusus untuk para pengunjung pusat oleh-oleh.

“Selain ada kantung parkir di Jalan Sutomo, tahun lalu kita perbolehkan bahu jalan Pandanaran untuk lahan parkir, namun hanya satu lapis, untuk tahun ini belum ada kebijakan,” tuturnya.

Di sisi lain, gedung parkir di Jalan Pandanaran belum dapat dimanfaatkan bagi para pemudik untuk berbelanja oleh-oleh. Alhasil tentu saja nanti saat libur Lebaran, kemacetan masih akan dapat ‘dinikmati’ bagi para pemburu oleh-oleh.

Pasalnya selama ini, kawasan pusat oleh-oleh memang menjadi sentra macet di Semarang. Pembangunan gedung parkir sendiri saat ini sudah mencapai 50 persen lebih.

Makanya menurut Sekertaris Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Semarang M Irwansyah, gedung ini belum bisa untuk parkir.

“Belum bisa. Kami mohon maaf karena gedung belum rampung, jadi belum bisa untuk parkir. Kebijakan parkir di pusat oleh-oleh Pandanaran akan tetap mengacu pada kebijakan yang dilakukan rekan-rekan Dishub selama ini,” terangnya.

Baca juga :  4 Taman Kelinci di Semarang dan Sekitarnya

Dijelaskan, meski belum bisa untuk parkir, pihaknya sudah meminta rekanan untuk menyingkirkan material pembangunan yang ada di badan jalan. Dengan demikian, keberadaan material atau pekerja tidak mengganggu arus lalu lintas.

Kontraktor sendiri saat ini masih menyelesaikan pembangunan di sisi dalam gedung. Keberadaan material ataupun truck pengangkut dan crane tower akan disingkirkan lebih dulu.

Terkait belum difungsikannya gedung tersebut saat lebaran, tentunya, pihak Pemkot Ssemarang harus memikirkan kantung parkir khusus di jalan-jalan protocol atau pusat oleh-oleh. Seperti halnya di Jalan Pandanaran itu sendiri saat menghadapi lebaran tahun ini.

Pasalnya, Jalan Pandanaran selalu menjadi jujugan tidak hanya warga lokal Semarang namun juga luar kota. Tentunya volume kendaraan pun akan meningkat.

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment