Home » Kita Pulang, Program AIESEC in Semarang Ciptakan Social Enterprise

Kita Pulang, Program AIESEC in Semarang Ciptakan Social Enterprise

by GaleriWisata.id
Kita Pulang 2020

KEBERADAAN inovasi sosial di Indonesia telah diketahui dapat menjadi solusi yang efektif dalam menjawab tantangan sosial Indonesia saat ini. Salah satu bentuk inovasi sosial tersebut adalah social enterprise (wirausaha sosial).

Social enterprise merupakan kegiatan usaha yang menggunakan strategi komersial dengan fokus mengembangkan kesejahteraan sosial disekitarnya. Oleh karena itu, Kita Pulang hadir untuk mendukung kontribusi pemuda dalam pembaharuan inovasi sosial di Indonesia.

Naomi, Project Manager Kita Pulang 2020 menjelaskan bahwa ini merupakan suatu program bagi pemuda nasional untuk meningkatkan pemahaman akan social enterprise dan membantu dalam membangun kewirausahaan sosial berdasarkan masalah sosial yang terangkum dalan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan. Delegasi Kita Pulang merupakan pemuda dari seluruh penjuru tanah air yang diharapkan dapat bersama memberikan solusi untuk memantik pergerakan kepemudaan  setelah kembali ke daerah asalnya.

Program ini juga berkolaborasi dengan Gmedia, yang mana Gmedia memiliki banyak rekanan yang bisa membantu meramaikan acara ini. Selain itu Program Kita Pulang ini juga selaras dengan komitmen Gmedia untuk memberikan dan membina future market dimulai hari kegiatan-kegiatan yang positif.

Mengangkat tema Penggerak Pemuda dalam Pengembangan Melalui Edukasi: Social Enterprise, Kita Pulang 2020 terbagi dalam 3 rangkaian program yaitu Pre Program, Main Program dan Post Program. Dalam pre-program, delegasi mendapatkan materi mengenai social enterprise, dasar dalam bisnis, kepemimpinan dan cara mendefinisikan masalah sosial.

Tujuannya agar para delegasi bisa mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan mengenai social enterprise sebelum nantinya menciptakan ide social enterprise yang berlangsung September hingga Oktober lalu. Adapun main program Future Sociopreneur Night selain diisi materi dari pembicara juga dilakukan awarding kepada delegasi terbaik.

Kita Pulang 2020

Empat pembicara utama dihadirkan dalam acara ini yaitu Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (Mbak Ita), Kasi Pengembangan Kepemudaan DISPORAPAR Jawa Tengah Petrus Bono Listiyanto, Puteri Komarudin (Anggota DPR RI Komisi XI Partai Golkar), dan Angelo Wijaya (Consultant at World Bank Group), acara ini dimoderatori oleh Laurensia Giustiani (Panitia Program Kita Pulang 2020).

Baca juga :  Eksebisi KONI, Kadin, PHRI dan Wartawan Yang Kocak di Corporate Fun Futsal 2019

Pada awarding, terdapat 3 kelompok yang terpilih dari 8 kelompok yang berhasil hingga pitching dan dari total 13 kelompok yang telah berhasil melalui tahap hingga video campaign. Time 2 Chill, menjadi kelompok yang memenangkan best social enterprise, Semai Kebaikan pada peringkat kedua dan Bank Sampah Ambon Hijau pada peringkat ketiga.

Artikel Lainnya

Leave a Comment