Home » Kelezatan Tahu Pong di Semarang Yang Tiada Banding

Kelezatan Tahu Pong di Semarang Yang Tiada Banding

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

SIAPA nih disini yang suka tahu? Iya tahu, temennya tempe, pasti banyak yang suka kan, sama dong seperti minGal. Maka dari itu sob, minGal mau kasih tau kuliner khas Semarang yang namanya Tahu Pong.

Wah namanya unik ya, jadi penasaran gak nih sama citarasanya? Tapi  ketagihan tidak tanggung lo ya, soalnya emang enak banget sih makanan kali ini hihihi.

Nama pong sendiri memiliki makna yang berbeda dari 2 bahasa, yaitu Bahasa Jawa dan Bahasa Mandarin. Dalam Bahasa Jawa, nama pong mengadopsi kata kopong atau yang berarti kosong.

Sedangkan dalam Bahasa Mandarin, pong sendiri berarti menggembung. Arti dari kedua bahas ini sangatlah tepat untuk menggambarkan karakteristik dari tahu khas Semarang ini.

Tahu Pong berbentuk potongan kecil-kecil yang akan mengembang saat diangkat dari penggorengan. Keunikan lainnya ialah, bentuknya yang tidak padat dan memiliki rongga pada bagian tengahnya.

Di Semarang, Tahu Pong mulai dikenal pada tahun 1930 dan seiring berjalannya waktu nama tahu ini meluas bahkan hingga ke seluruh Indonesia. Cita rasa dari gabungan rasa gurih, manis, dan asin membuat tahu ini sangat menggoda selera.

Apalagi disajikan waktu masih hangat-hangatnya dengan warna kecoklatan dan aromanya yang menggugah selera. Behh.. gak kuat bayanginnya.

Biasanya tahu ini disajikan bersama gimbal, telur rebus yang sudah digoreng dan dicocol dengan sambal kecap rawit hijau yang diberi petis udang sehingga menjadi kental. Tak ketinggalan, acar lobak yang diiris tipis dengan rasa renyah-renyah  asam yang menyegarkan.

Supaya lebih nikmat lagi bisa kamu tambahkan nasi hangat nih sobHmmm.. yahud banget kan sensasinya.  Sambil bersantai bersama keluarga maupun dengan teman-teman, tahu ini sangat cocok untuk menjadi teman me time kamu nih.

Baca juga :  Bingung Mau Makan Siang Dimana? Yuk ke Business Lunch Horison Nindya Semarang

Galeri Wisata

Beberapa warung penjual Tahu Pong yang terkenal enak di antaranya Tahu Pong Semarang di Jalan Gajah Mada 63B, Tahu Pong Karangsaru di Jalan Condrokusumo Pringgading juga Tahu Pong Sari roso di Jalan Depok. Adapun menu yang tersedia adalah Tahu Pong komplet, kopyok telur, gimbal telur, tahu emplek gimbal telur, tahu emplek, dan tahu emplek telur.

Jadi kamu tidak akan bosan karena varian rasanya juga beragam. Tenang saja harganya mulai dari 10k saja kok per porsinya, gak bikin kantong jebol kan?

Jadi saat kamu berkunjung ke Semarang, jangan lupa untuk mencicipi tahu khas ini ya. Selain dicicip jangan lupa juga untuk dijadikan buah tangan untuk sanak saudara di daerah tempat asalmu sob. Karena bener-bener nagih rasanya, bisa saja kan kamu merindukan  Kota Atlas dan ingin berkunjung kesini lagi.. Hihihi. (Dinda)

Artikel Lainnya

Leave a Comment