Home » Mengunjungi Goa Kreo: Jumlah Pengunjung Terus Meningkat

Mengunjungi Goa Kreo: Jumlah Pengunjung Terus Meningkat

by GaleriWisata.id

JUMLAH pengunjung Taman Wisata Goa Kreoa dari tahun tahun menunjukkan kenaikan yang cukup siginifikan. Ini seiring dengan perbaikan, penataan serta penambahan beberapa wahana di obyek wisata ini.

Kepala UPTD Taman Wisata Goa Kreo Mamit Sumit menjelaskan jika pada 2014 lalu, jumlah pengunjung hanya sekitar 108 ribu orang. Namun di tahun 2018, jumlah pengunjung mencapai 169 ribu orang pengunjung dengan Pemasukan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp800 juta dari target yang ditetapkan sebesar Rp540 juta.

Adapun data pengunjung hingga Maret 2019, sudah mencapai 37 ribu lebih.  Adapun target pendapatan di tahun ini mencapai Rp800 juta atau naik sekitar 60 persen dari target tahun sebelumnya.

“Jumlahnya terus naik karena memang kami juga terus melakukan pembenahan,” terangnya.

Dijelaskan, penataan infrastruktur jalan penghubung menuju obyek wisata menjadi salah satu faktor penunjang. Selain itu, keberadaan Waduk Jatibarang dan Goa Kreo serta keberadaan ratusan kera ekor panjang menjadi daya tarik satu-satunya di Kota Semarang dimana tidak ada obyek lain yang memilikinya.

Karenanya, pihaknya akan berusah terus melakukan konservasi lahan. Salah satunya adalah untuk menjaga habitat ratusan kera tersebut.

“Pembenahan sektor parkir dan penambahan gazebo serta wahana bermain akan segera kami lakukan untuk menambah daya tarik obyek wisata ini,” tukasnya.

Ditambahkan, beberapa atraksi wisata juga turut menunjang tingginya angka kunjungan wisatawan. Beberapa atraksi budaya yang ada di antaranya Sesaji Rewandha dan Pagelaran Mahakarya Legenda Goa Kreo.

Mamit optimis, Taman Wisata Goa Kreo akan mampu terus bersaing dengan obyek wisata lainnya di Kota Semarang, kelebihan yang tidak dimiliki obyek wisata lainnya tersebut tentunya menjadi pembeda.

Meski demikian, ia mengakui jika kondisi kebersihan di Goa Kreo tidak akan pernah bisa dilakukan optimal. Pasalnya, ratusan kera penghuni lokasi ini sering kali mencari makanan sisa dari tempat sampah.

Baca juga :  Pengin Bermain dengan Monyet Ekor Panjang? Yuk ke Goa Kreo

“Jika sampah sudah kita bersihkan lalu dimasukkan ke dalam bak sampah, mereka akan ‘eker-eker’ mencari makanan yang imbasnya tentu saja sampahnya berceceran kembali. Kami mohon maaf dan berharap maklum tapi sektor kebersihan akan selalu kami perhatikan. Petugas kami selalu keliling membersihkan sampah,” tandasnya.

Galeri Wisata

 

Artikel Lainnya