Home » Joged Bareng Tari Semarangan Pecahkan Rekor Penari Terbanyak

Joged Bareng Tari Semarangan Pecahkan Rekor Penari Terbanyak

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

JOGED bareng Tari Semarangan, Kamis (2/5) yang digagas Pemkot Semarang berhasil memecahkan rekor dengan jumlah penari terbanyak. Tercatat total ada 24 ribu penari dari 16 ribu penari yang ditargetkan.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengaku bangga dengan capaian ini. Pasalnya, rekor ini menjadi salah satu kado terindah bagi Kota Semarang yang berulangtahun ke-472 pada 2 Mei ini.

“Ini salah satu bukti kerja nyata, kerja bareng dan konsep bergerak bersama untuk mewujudkan Semarang yang makin hebat,” terangnya.

Para penari ini, imbuhnya, berasal dari seluruh staf OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemkot Semarang, TNI/Polri, pelajar, mahasiswa, swasta dan juga komunitas yang ada di kota ini. Kesemuanya datang dengan mengenakan busana berwarna dominan merah dan putih.

Alhasil, seluruh ruas Jalan Pemuda dari titik Mal Paragon hingga Lawang Sewu sepanjang kurang lebih 500 meter, ditutup total sejak pukul 07.00. Sepanjang jalan tersebut dipenuhi dengan lautan manusia yang menari serentak.

Galeri Wisata

“Terimakasih atas partisipasi dan support dari semua pihak. Kita akan terus bergerak bersama untuk mewujudkan Semarang yang makin dan makin hebat. Terbukti, pariwisata Semarang berhasil masuk 4 besar Yokatta Wonderfull Indonesia Tourism Award di belakang Surabaya, Denpasar dan Kota Bandung,” tandas Hendi panggilan akrab Walikota.

Kadisbudpar Kota Semarang Indriyasari menambahkan pihaknya menempatkan ratusan instruktur di barisan paling depan untuk membimbing para peserta. Meski demikian, seluruh peserta telah mempelajari gerak tarian melalui video yang sebelumnya telah disebar melalui media social.

“Memang ada beberapa OPD yang mendatangkan instruktur langsung untuk membimbing stafnya karena memang khusus untuk OPD, tarian dan kekompakannya dilombakan,” tukasnya.

Setidaknya ada dua jenis tarian yang dipersembahkan puluhan ribu penari ini. Dua tarian tersebut adalah joged Semarangan dan tari Semarang Hebat.

Baca juga :  Karena Nyapu, Agus Terima Penghargaan dari Walikota

Iin panggilan akrab Kadisbudpar mengakui, tidak mudah menggerakkan puluhan ribu penari secara serentak. Namun hal ini menjadi tantangan sekaligus menunjukkan bahwa Semarang juga dapat berkiprah di tingkat nasional terutama dari sisi pariwisata.

Untuk itu, pihaknya akan terus lebih kreatif dalam mengelola dan membuat acara berskala nasional. Bahkan jika memungkinkan, akan semakin sering membuat acara berskala internasional agar Semarang semakin dikenal dan dapat jadi derah tujuan wisata utama di Jateng.

Galeri Wisata

Artikel Lainnya