Home » Ini Dia Cara Ninja Optimal Bermedia Sosial

Ini Dia Cara Ninja Optimal Bermedia Sosial

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

SOBAT Galwis tahu gak jika social media itu ternyata tidak hanya untuk sekedar pansos atau eksis. Namun juga bisa untuk berjualan produk dan jasa.

Tak percaya? Tanya saja kepada Mas Tom yang nama lengkapnya Tommy Arno Funz seorang praktisi bisnis online

Jadi saat Market Corner Goes To School dengan tema Digital Marketing Strategic for Industri 4 di SMK 4 Semarang beberapa waktu lalu, Mas Tom ini memberi tips bagaimana pemanfaatan dan optomalisasi social media untuk berjualan product atau jasa. Bahwa hal yang pertama harus dilakukan adalah riset produk di internet.

“Jadi, fungsinya supaya barang atau jasa yang kita tawarkan dicari atau tidak di internet, mengetahui kebutuhan pasar saat ini, mencari kota-kota yang butuh barang atau jasa kita,” terangnya.

Selain melakukan riset produk, fokus dan kosisten adalah kunci utama dalam menjual produk di internet. Karena itu PR terbesarnya sebenarnya bukan ilmu atau materi social media marketing-nya, tapi fokus dan konsisten.

“Soalnya anak jaman sekarang kan sukanya instant-instant tuh. Nah itu PR berat,” tandasnya.

Tidak hanya memberikan pemaparan materi, Mas Tom juga memberikan beberapa contoh-contoh produk yang akan dijual di internet dengan menggunakan digital marketing. Tentu saja paparan ini semakin menarik karena siswa/siswi SMK 4 Semarang bisa lihat secara langsung pengimplementasian dari yang dipaparkan oleh narasumber.

Dalam event hasil kolaborasi Gmedia dengan UP Radio Semarang, hadir pula pemateri Fravio Co-Founder SURE Pictures. Mas Vio, sapaan akrabnya, menjelaskan perlunya story dalam sebuah postingan.

“Ini menjadi salah satu strategi kita berkonten di social media. Akan tercipta komunikasi kepada calon customer kita jika kita kasih story dibalik postingan kita. Story itu bisa diterapkan dalam design visual, podcast, meme, atau video, apapun,” kata Vio.

Baca juga :  Ayo Ikut Gmedia Instagram Photo Competition 'Aku Cinta Semarang', Hadiahnya Total 30 Juta Lo

Selain itu Mas Vio juga menerangkan bagaimana membuat konten yang sesuai dengan pasar yang kita mau. Dimulai dari hal yang terdekat dari kita, apa yang mau kita buat, apa yang dibutuhkan, dan harus memperhatikan target audience serta berapa usianya, lalu yang terakhir ada timeline perencanaan.

Nah Sobat Galwis, tertarik juga untuk ikut melakukan optimalisasi social media-mu? Cusss, terapkan tips-tips yang diberikan di atas.

Selamat mencoba. (Adv)

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment