Home » Ingin Wisata yang Indah Menantang? Yuk ke Bukit Selo Arjuna dan Bligo

Ingin Wisata yang Indah Menantang? Yuk ke Bukit Selo Arjuna dan Bligo

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

KABUPATEN Kendal merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang terkenal karena destinasi wisata alamnya sangat indah dan menawan. Tak hanya Curug Sewu, Kendal  juga memiliki destinasi wisata berbentuk bukit yang sangat menantang untuk dicoba.

Namanya Bukit Selo Arjuna dan Bligo. Berada di Dusun Watulawang, Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan, keduanya menawarkan pemandangan yang sangat menarik untuk dinikmati dan tentunya menyegarkan mata.

Bukit Selo Arjuna dan Bligo sendiri merupakan bukit bebatuan yang menjadi akses untuk masuk ke dusun yang berada di bawahnya. Oleh karena itu dusun tersebut dinamakan Dusun Watulawang (Batu Pintu).

Menurut warga sekitar, dulu terdapat 4 buah batu raksasa di tempat tersebut. Namun karena terkikis oleh alam, batu raksasa tersebut hanya tersisa 2 buah saja.

Kedua batu yang hilang ini bisa anda lihat dari puncak Bukit Bligo. Dari sini kita akan melihat dua bukit yang jauh lebih kecil dan terletak sejajar di sebelah barat.

Konon kabarnya, dua bukit ini penuh dengan mitos yang bersifat supranatural. Beberapa orang mengaku pernah melihat fenomena langit berupa cahaya terang. Percaya atau gak percaya, terserah pada kepercayaan masing-masing ya sob.

Yang jelas, untuk mendaki Gunung Selo Arjuna ini, kita dapat menggunakan tangga. Sebuah tangga besi dengan kemiringan 90 derajat dan ketinggian 15 meter. TEGAK LURUS BANGET GUYS!!!

Sayangnya, saat menaiki tangga ini, kita tidak dibekali pengaman apapun. Jadi kita harus ekstra hati-hati saat menaikinya meski tentunya bisa dibayangkan bagaimana sensasinya…

Tidak hanya itu. Untuk mencapai puncak Selo Arjuna, perjuangan lain masih dibutuhkan. Yakni memanjat batu, pohon, tangga besi, batu, tangga besi yang mengambang.

Sangat melelahkan pastinya. Namun saat sampai di puncak, ditandai dengan adanya kibaran bendera merah putih, lelah dan letih akan terbayarkan lunas.

Baca juga :  10 Tempat Camping Asyik di Semarang

Pemandangan indah, puncak beberapa bukit lain di sekitarnya, lunas membayar semua perjuangan kita. Lembah hijau menghampar di bawah Selo Arjuna, membayar tuntas semua pengorbanan termasuk pemandangan Sungai Genting yang mengalir bak ular raksasa di antara lembah.

Berbeda dengan Bukit Selo Arjuna yang sangat ekstrim, Bukit Bligo lebih lebar. Jalur yang dilalui berupa tanah berbatu dan sedikit menanjak.

Di beberapa tanjakan sudah dibuat trap-trapan dan dipasang tali panjang untuk berpegangan. Perbedaan lainnya ialah, di Bukit Bligo telah didirikan 2 gardu pandang dan gazebo untuk tempat istirahat.

Namun begitu, kita tetap harus memperhatikan keamanan dan kondisi tubuh. Karena medannya sangat berbahaya, dan menguras banyak enerji, so persediaan air minum dan kondisi badan fit, menjadi modal wajib.

Untuk akses menuju ke Bukit Selo Arjuna dan Bligo memang susah-susah gampang. Dari Kendal, kita bisa mengambil rute Kaliwungu-Boja-Limbangan dan nantinya kalian akan menuju ke arah Curug Lawe. Dari sini, kita bisa bertanya kepada warga sekitar dimana Bukit Selo Arjuna dan Bligo berada.

Tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk bisa menikmati keindahan dari dua bukit raksasa ini, hanya dengan 3K per orang serta parkir 2K. Anda sudah bisa menikmati liburan yang menantang dan memacu adrenalin. Jadi, tunggu apalagi? Yuk bareng-bareng sama minGal nge-trip kesini. (Dinda)

Artikel Lainnya

Leave a Comment