Home #AGENDA2019 Horee … Akhirnya Kota Lama Bebas Kendaraan Bermotor

Horee … Akhirnya Kota Lama Bebas Kendaraan Bermotor

by minGal
Galeri Wisata

MULAI Jumat besok, (11/10), sejumlah ruas jalan di Kota Lama akan ditutup. Ceritanya, Pemkot Semarang sedang melakukan uji coba car free night (bebas kendaraan bermotor) di kawasan tersebut.

Rencananya, setiap malam libur, kebijakan ini akan diberlakukan. Tujuannya tentu saja untuk mengurangi volume kendaraan yang melintas di Kota Lama.

Ya kan kawasan itu penuh dengan gedung-gedung cagar budaya yang usianya ratusan tahun, kalau terlalu sering dilintasi kendaraan, nanti cepat rusak bangunannya. Karenanya tentu saja kebijakan ini harus disambut positif oleh seluruh wisatawan.

“Jadi sementara waktu hanya diberlakukan pada malam libur, seperti malam minggu dan malam tanggal merah,” terang Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Nantinya, penutupan ruas jalan akan dilakukan di Jalan Letjen Suprapto hingga Jembatan Mberok serta beberapa jalan lain yang berujung di Jalan Letjen Suprapto. Pasalnya, Jalan Letjen Suprapto merupakan jalan utama yang membelah kawasan Kota Lama.

Lebih lanjut, Hendi sapaan akrab Walikota itu mengungkapkan, penerapan uji coba tersebut kemudian akan di evaluasi. Selanjutnya akan diterapkan secara total atau setiap hari mulai Januari 2020 mendatang.

“Nanti hasil dari uji coba itu akan kita evaluasi, titik mana saja yang menjadi tidak nyaman atas pemberlakuakn car free night itu, untuk kemudian dilakukan perbaikan. Sehingga pada Januari mendatang segala sesuatunya sudah siap diberlakukan secara total,” ungkapnya.

Hendi mengakui, pihaknya ingin memberikan rasa nyaman bagi para pengunjung. Dengan demikian, mereka dapat bebas leluasa melakukan walking tour tanpa terganggu kendaraan atau polusi.

“Diberlakukan di ruas tertentu, nanti kita atur sedemikian rupa sehingga masyarakat bisa lebih nyaman di Kota Lama. Bisa berjalan kaki, naik sepeda dengan nyaman di kawasan Kota Lama, udara juga dapat lebih bersih,” imbuhnya.

Galeri Wisata

Kabid Pengendalian Ketertiban (Daltib) Dishub Kota Semarang Danang Kurniawan menambahkan uji coba pemberlakuan bebas kendaraan pada malam hari itu, akan dimulai pada Jumat (11/10) dan Sabtu (12/10), pukul 18.00 hingga 24.00. Sementara bagi kendaraan yang hendak menuju ke Stasiun Tawang masih diperbolehkan.

Sejumlah kantong parkir telah disediakan bagi pengunjung yang hendak berwisata ke kawasan Kota Lama. Antara lain ada di Jalan Mpu Tantular merupakan eks kantor PTPN IX Semarang, sebelah utara Dream Museum Zone (DMZ), depan Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) Polrestabes Semarang, Jalan Sendowo, dan samping gedung Marba.

“Kami sudah siapkan golf car yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan emisi gas buang dan dapat digunakan secara gratis oleh pengunjung di tiap kantong parkir,” tandasnya.

Artikel Lainnya

Leave a Comment