Home » Hendi Sukses Revitalisasi Kota Lama

Hendi Sukses Revitalisasi Kota Lama

by GaleriWisata.id
Galeri Wisata

REVITALISASI Kota Lama yang telah berjalan, menjadi pembuktian janji Walikota Semarang Hendrar Prihadi. Perubahan wajah kawasan tersebut, membuktikan bahwa janji yang pernah disampaikan dalam kampanye pasangan Hendi-Ita pada Pilwakot  2016, bukan isapan jempol belaka.

Kini, wajah Kota Lama yang asri, indah dan tertata baik, dapat dinikmati semua warga. Ratusan hingga ribuan pengunjung setiap harinya memadati kawasan ini, sekedar untuk berjalan-jalan atau nongkrong.

Tidak jarang, wisatawan luar kota sengaja mampir untuk plesiran. Raut-raut bahagia jelas nampak dari air muka mereka.

“Indah ya sekarang Kota Lama, dulu terkesan semrawut dan banyak bangunan tua yang tidak terawat. Sekarang bagus banget,” ungkap Ira, wisatawan asal Jakarta.

Diakuinya, ia pernah berkunjung ke Kota Lama 5 tahun lalu. Kondisinya saat itu terlihat muram dan banyak gedung tidak terurus.

Namun di bawah pemerintahan Hendi, kondisi Kota Lama kini jauh nampak berbeda. Penataan lampu, penggarapan drainase, kehadiran material batuan andesit, street furniture serta bangku-bangku sekedar untuk beristirahat atau berfoto, menambah spot-spot instagramable kawasan ini.

Seperti diingat, dalam janji kampanye 5 tahun lalu, Hendi mengusung salah satu visi melakukan penataan Kota Lama. Kala itu, ia bertekad menjadikan Kota Lama sebagai ikon pariwisata Kota Semarang.

Upaya itu diwujudkannya dengan memasukkan Kota Lama sebagai salah satu kawasan strategis bidang sosial budaya pada RPJMD 2016-2021. Revitalisasi yang dilakukan, didukung sepenuhnya oleh Kementrian PUPR.

“Kini sebanyak 80% dari total 116 bangunan di Kota Lama sudah direvitalisasi baik oleh pemilik sendiri atau pihak swasta,” terang Hendi.

Bangunan lain yang disulap Pemkot Semarang adalah gudang terbengkalai yang dijadikan Semarang Creative Gallery dan Galeri UMKM. Aplikasi ‘Kota Lama Semarang’ juga menjadi layanan penunjang melalui Playstore dan Appstore untuk mendukung pelayanan informasi terkait bangunan cagar budaya di sana.

Baca juga :  Tahun Baru di Semarang: Kota Lama Bebas Kendaraan, Jalan Pemuda Full Artis

“Sedari awal ketika ditanya apa kendala yang akan dihadapi dalam merevitalisasi Kota Lama, saya katakan bahwa hampir seluruh bangunan cagar budaya yang ada adalah milik swasta atau BUMN. Maka ketika hari ini banyak pihak mengatakan Kota Lama berhasil berubah, jelas ini bukan kerja pemerintah saja melainkan semua pihak yang memiliki kesamaan visi ke depan,” tandas Hendi.

Karenanya, ia cukup optimis, predikat World Heritage dari Unesco akan dapat diperoleh tahun depan.

Artikel Lainnya

Leave a Comment