Home ยป Ganti Luwur Makam Ki Ageng Pandanaran Jadi Agenda Wisata Semarang

Ganti Luwur Makam Ki Ageng Pandanaran Jadi Agenda Wisata Semarang

by GaleriWisata.id

KIRAB budaya dari warga mewarnai prosesi ganti luwur makam Ki Ageng Pandanaran, Sabtu (22/9). Ratusan warga, mengiring kirab ini sekaligus nguri-uri budaya yang memancing minat warga lainnya untuk menonton lebih dekat.

Ketua Pembina Yayasan Sosial Sunan Pandanaran I Aris Pandan Setiawan menjelaskan, Ki Ageng Pandanaran merupakan tokoh penting kota ini. Beliau adalah tokoh Islam sekaligus Bupati Semarang yang pertama.

Makna ganti luwur atau mengganti penutup makam simbol diharapkan kembali menjadikan suci kembali. Ini kami lakukan setiap tahun tepatnya 17 Muharram,” terangnya.

Dijelaskan, ganti luwur merupakan satu dari rangkaian peringatan Haul Sunan Pandanaran ke-516. Dalam kirab tersebut, warga juga membawa pusaka, hingga gunungan hasil alam.

Ditambahkannya, dalam haul kali ini pihaknya menggandeng ormas. Ia berharap adanya perayaan Haul dengan berbagai kegiatannya bisa turut melestarikan budaya.

“Kirab ini juga mengakomodir masyarakat yang ingin mengembangkan budaya,” jelasnya.

Aris menambahkan, puncak perayaan berlangsung pada Minggu dengan agenda tawasul Akbar. Akan hadir Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Ketua Kadin Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara, Habib Hasan Al Jufri, Habib Ja’far Shodiq al Munawwar, Habib Novel Al Muntohhar dan dimeriahkan oleh hadroh Dhiyaaul Musthofa.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Kasturi mengapresiasi kemasan peringatan Haul Ki Ageng Pandanaran.

“Pemkot Semarang akan mengembangkan destinasi makam Ki Ageng Pandanaran ini menjadi destinasi wisata religi digabung dengan makam Kyai Sholeh Darat. Ini akan menjadi agenda wisata rutin,” tukasnya.

Baca juga :  Uniknya Sadranan Sendang Gede di Banyumanik

Artikel Lainnya