Home Destinasi Downtron Pandanaran Ikon Wisata Baru Kota Semarang

Downtron Pandanaran Ikon Wisata Baru Kota Semarang

by minGal
Galeri Wisata

PEMKOT Semarang kembali meluncurkan sebuah ikon wisata baru yakni downtron di gedung Pandanaran. Wahana ini menampilkan atraksi animasi dan informasi wisata Kota Semarang.

Venue-nya mengambil tempat di Gedung Pandanaran, salah satu gedung milik Pemkot Semarang. Di dinding bagian depan yang menghadap Tugu Muda, dipasang ribuan lampu.

Tatanan ribuan lampu yang dibuat menggantung tersebut dapat menampilkan gambar animasi yang diatur secara computerized. Kehadiran downtron disebut Walikota Semarang Hendrar Prihadi akan menambah gemerlap suasana malam Kota Loenpia.

“Kita sadar tidak memiliki pantai pasir putih atau gunung yang indah serta alam yang asri. Ini adalah salah satu sarana menambah ikon wisata Semarang yang sudah hadir sebelumnya seperti Semarang Bridge Fountain, JPO ikonik Pandanaran dan revitalisasi Kota Lama,” terangnya.

Karenanya, dengan mengusung tagline Semarang ‘Pop Culture of Java’, kehadiran downtron diharapkan dapat mengundang lebih banyak wisatawan. Apalagi target kunjungan wisatawan 2019 telah direvisi kembali menjadi 7,2 juta kunjungan.

Berada di kawasan strategis bersama Tugu Muda dan Lawang Sewu, downtron Pandanaran diharapkan mampu memperkuat posisi lokasi ini sebagai salah satu ikon wisata. Dibuat dengan anggaran lebih dari Rp2 miliar, seluruh destinasi wisata unggulan dapat ditampilkan melalui downtron.

“Semangatnya adalah memanfaatkan aset Pemkot Semarang, kan tidak perlu membuat layar atau videotron. Semua dapat ditampilkan di sini,” tukasnya.

Hendi, panggilan akrabnya berharap dengan kehadiran downtron, warga tidak perlu lagi perlu lagi ke negara tetangga. Pasalnya, Semarang telah memiliki salah satu ikon wisata terhebat yang jumlahnya akan terus ditambah.

Kadisbudpar Kota Semarang Indriyasari optimis target kunjungan 7,2 wisatawan dapat dicapai di akhir tahun. Saat ini, jumlah kunjungan wisatawan sudah di angka 4 juta lebih.

“Masih ada sekitar 3 bulan untuk memacu pertumbuhan dan minat wisatawan datang ke Semarang. Ditambah dengan rampungnya revitalisasi Kota Lama dan downtron ini, kami yakin dapat mewujudkan revisi target kunjungan wisatawan tersebut,” ujarnya optimis.

Video animasi di downtron Pandanaran sendiri dapat disaksikan warga setiap malam mulai pukul 19.00 hingga 21.00. Taman, pagar serta pepohonan di depan kantor tersebut sudah dibuka agar warga dan wisatawan yang menyaksikannya tidak terganggu.

Artikel Lainnya

2 comments

Dedew September 27, 2019 - 8:48 am

Wah aku belum lihat nih, ntar kalau ke Semarang malam-malam pengen lihat..

Reply
Rivai H October 3, 2019 - 8:46 pm

Belum lihat downtron…nanti pas balik semarang mau menyempatkan buat nonton downtron

Reply

Leave a Comment